Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Otonomi
  3. Melalui Gerbangmas, dinas TPH dorong produksi pertanian
  • Minggu, 27 Agustus 2017 — 14:36
  • 800x views

Melalui Gerbangmas, dinas TPH dorong produksi pertanian

"Kami ingin terus mendorong supaya hasil produksi pertanian masyarakat bisa meningkat dan berkesinambungan," kata Siriwa kepada wartawan, di Jayapura belum lama ini.
Ilustrasi perkebunan buah nanas - IST
Alexander Loen
alex@tabloidjubi.com
Editor : Galuwo

Papua No. 1 News Portal I Jubi

Jayapura, Jubi - Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH) Provinsi Papua, mendorong produksi pertanian di wilayahnya melalui program Gerakan Bangkit Mandiri dan Sejahtera Harapan Seluruh Rakyat (Gerbangmas Hasrat) Papua.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Papua, Semuel Siriwa mengatakan pihaknya akan mendorong produksi buah nanas di Bokondini Kabupaten Tolikara, dan rambutan di Kabupaten Sarmi serta keladi di Supiori.

"Kami ingin terus mendorong supaya hasil produksi pertanian masyarakat bisa meningkat dan berkesinambungan," kata Siriwa kepada wartawan, di Jayapura belum lama ini.

Agar berjalan maksimal, pihaknya sangat mengharapkan adanya partisipasi pihak lain, baik satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait di tingkat provinsi maupun kabupaten, serta pihak swasta yang ingin bermitra.

"Hal ini dirasa perlu karena potensi buah dan sayuran di Papua sangat baik. Tinggal bagaimana ke depan kita cari pangsa pasar untuk menjual hasil pertanian masyarakat ini," ucapnya.

Menurut ia, belum lama ini masyarakat di Kabupaten Dogiyai berhasil memanen sekitar 25 hektar sayuran yang di antaranya terdiri dari sawi, kentang dan kol. Untuk itu, dirinya meminta agar hasil panen ini dapat ikut dipasarkan oleh instansi terkait. 

"Kami tengah mendorong kerja sama dengan pemda setempat untuk memasarkan hasil kebun itu ke Nabire. Sudah ada pembicaraan dengan Dinas Pertanian setempat. Intinya kami ingin dorong agar produk sayuran ini diangkut dengan mobil ke Enarotali, Nabire," kata Siriwa.

"Atau mungkin bisa diangkut dengan kapal putih ke Jayapura. Dengan harapan hasil pertanian ini bisa dipasarkan semua," tambahnya.

Ia menambahkan, untuk kelanjutan produksi tanaman pangan di Dogiyai, pihaknya telah mendorong diadakan rumah mekanisasi peralatan yang berfungsi membuka lahan baru untuk ditanami sayuran.

Secara terpisah, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Papua, Muhammad Musa'ad mengatakan Gerbangmas Hasrat Papua merupakan program unggulan Pemerintah Provinsi Papua. Sebab memliki daya ungkit yang tinggi dan langsung dirasakan masyarakat.

Selain Gerbangmas, pemerintah provinsi juga memiliki program strategis pemberdayaan ekonomi dan kelembagaan kampung (Prospek) yang perannya untuk mensejahterakan masyarakat di kampung/desa.

"Kedua program ini diperuntukkan pada kampung-kampung di 29 kabupaten dan kota di Papua, dengan harap masyarakat mampu bangkit, mandiri dan sejahtera di tanahnya sendiri," kata Musa'ad. (*)

loading...

Sebelumnya

Gubernur perintahkan stafnya selesaikan hak anggota MRP

Selanjutnya

2018, Pemrov Papua berlakukan transaksi nontunai

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe