Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Lembar Olahraga
  3. Spartak Danilenko, wasit Kyrgiztan pimpin laga Persipura lawan Persib
  • Senin, 28 Agustus 2017 — 07:39
  • 1014x views

Spartak Danilenko, wasit Kyrgiztan pimpin laga Persipura lawan Persib

"Persib main ke Jayapura didampingi wasit asing. Giliran Persipura main di luar, pake pelatih lokal yang kapasitasnya rendah. Ada apa ini sebenarnya," kata Nico Dimo yang juga pengurus KONI Papua.
Ilustrasi wasit asing yang bertugas di kompetisi Go-Jek Traveloka Liga 1 Indonesia - Jubi/LIB
Andreas Weleurat
andreasweleurat@gmail.com
Editor : Jean Bisay

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Jayapura, Jubi - Juru bicara Persipura Jayapura Ridwan alias Bento Madubun menginformasikan laga ke-193 Go-Jek Traveloka Liga 1 antara Mutiara Hitam menjamu Maung Bandung, Senin (28/8/2017), siap dipimpin wasit asing.

"Wasit yang memimpin laga ini adalah Spartak Danilenko asal Kyrgizstan," kata Bento merinci.

Laga yang berlangsung di Stadion Mandala ini. Kick off jam 15:30 waktu Papua atau 13:30 waktu Indonesia barat (WIB).

Pertandingan super big match ini akan disiarkan tunda di TV One pukul 18:30 WIB atau jam setengah 9 malam waktu di Jayapura.

Meski dipimpin wasit asing, banyak suara sumbang bermunculan pada laga ini. Nico Dimo, mantan penjaga gawang Persipura mempertanyakan kenapa, baru pada laga Persipura jamu Persib dipimpin wasit asing.

"Kenapa Persib main lawan Persipura baru dipimpin wasit asing. Waktu Persipura main di Samarinda kenapa tidak pake wasit asing," Nico Dimo mempertanyakan.

PSSI dan operator kompetisi PT.LIB, mantan pemain Mutiara Hitam era tahun 80-an ini, menilai ada konspirasi serta terkesan pilih kasih buat Persib.

"Persib main ke Jayapura didampingi wasit asing. Giliran Persipura main di luar, pake pelatih lokal yang kapasitasnya rendah. Ada apa ini sebenarnya," kata Nico Dimo yang juga pengurus KONI Papua.

Kinerja wasit Spartak Danilenko asal Kyrgizstan sempat dikeluhkan penyerang Madura United, Greg Nwokolo. Saat Danilenko memimpin pertandingan Madura United melawan Persija Jakarta di pekan ke-21 Liga 1, Senin (21/8/2017) kemarin.

Menurut Greg, Danilenko membuat beberapa keputusan yang salah dan merugikan pemain.

“Jujur saja, babak pertama dia buat beberapa keputusan yang tidak adil. Beberapa kali ada pemain yang melakukan tekel keras yang bisa akhiri karir pemain, tapi wasit cuek saja dengan hal seperti itu,” keluh Greg.

Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, pihaknya mendatangkan wasit asing untuk menambah bobot kompetisi Indonesia.

"Australia dan Kirgistan menjadi dua negara awal yang dipilih oleh PSSI untuk mengirimkan wasitnya agar bisa bekerja memimpin pertandingan di kompetisi Indonesia yang sedang berjalan saat ini," tuturnya.

"Yang jelas, mereka memiliki lisensi wasit dari FIFA," ucap dia.

Setelah enam wasit asing itu selesai bertugas di Indonesia, PSSI akan memilih lagi nama wasit asing lain pada periode kedua dan ketiga dari negara lain.

"Pada periode pertama, mereka akan datang tanggal 2 Agustus 2017 dan bertugas hingga tanggal 15 Agustus 2017. Selanjutnya, periode kedua diperkirakan tanggal 16-28 Agustus 2017, lalu periode ketiga tanggal 29-11 September 2017," Ratu Tisha Destria merinci. (*)

loading...

Sebelumnya

Kadisorda: tiga pilar ini berperan jaring atlet PON 2020

Selanjutnya

Perseru tak mau hilang poin lagi di Marora

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe