Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Lapago
  3. Pemkab Jayawijaya dorong 40 puskesmas teritegrasi Kemenkes
  • Senin, 28 Agustus 2017 — 10:48
  • 554x views

Pemkab Jayawijaya dorong 40 puskesmas teritegrasi Kemenkes

Pemerintah Kabupaten Jayawijaya terus berupaya mendorong 40 puskesmas yang ada agar dapat teregistrasi di Kementerian Kesehatan.
Puskesmas Wesaput yang baru diresmikan Bupati Jayawijaya, Wempi Wetipo, - Jubi/IST
Islami Adisubrata
islami@tabloidjubi.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Wamena, Jubi - Pemerintah Kabupaten Jayawijaya terus berupaya mendorong 40 puskesmas yang ada agar dapat teregistrasi di Kementerian Kesehatan.

"Dari keseluruhan puskemas yang ada, baru 13 yang sudah teregistrasi di Kementerian Kesehatan," ujar Sekda Jayawijaya, Yohanes Walilo, di Wamena, akhir pekan lalu.

Menurutnya, beberapa Puskesmas belum teregistrasi karena baru dibangun sehingga perlu penambahan tenaga medis dan fasilitas kesehatan penunjang lainya, setelah itu akan diajukan untuk lakukan akreditasi.

Secara aturan, menurut Sekda, semua puskesmas harus teregistrasi agar dianggap layak untuk menerima bantuan dari pemerintah pusat.

"Jadi, ketika ada bantuan, misalnya JKN dan lain-lain, puskesmas yang teregistrasi bisa menerima untuk peningkatan pelayanan kesehatan," katanya.

Sekda menambahkan, saat ini dinas terkait sedang melakukan inventarisasi puskesmas yang tidak aktif memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Saya sudah perintahkan kepala dinas untuk segera inventarisasi, lapor supaya kita ganti kepala Puskesmasnya, karena kepala Puskesmas yang lalu itu sudah ikut 'fit and proper test', kita tunjuk dengan kesediaan untuk melaksankaan tugas, ternyata dalam pelaksanaan tidak jalan, ya menjadi kewenangan pemerintah untuk ganti," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Jayawijaya, dr. Willy, mengakui sejak ditunjuk sebagai kepala dinas, salah satu program kerjanya ialah bagaimana ingin meningkatkan puskesmas yang belum terakreditasi akan diakreditasi, yang masih jadi pustu akan naikan jadi puskesmas.

“Sebelum jalankan ini, kami akan koordinasi dengan puskesmas tentang hambatan yang dialami dan ditemui di lapangan, baru berbicara dengan dinas dan mencari solusi, termasuk mengenai integrasi setiap puskesmas di seluruh distrik,” ungkap dr. Willy. (*)

 

loading...

Sebelumnya

Pemerintah diminta atasi jalan putus di kampung Wesakin

Selanjutnya

KPU Jayawijaya mulai sosialisasi pemilih pemula

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe