Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Pasifik
  3. Di Luganville, dermaga terpanjang di selatan Pasifik diresmikan
  • Selasa, 29 Agustus 2017 — 07:04
  • 325x views

Di Luganville, dermaga terpanjang di selatan Pasifik diresmikan

Pembangunan dermaga Luganville merupakan proyek terbesar Tiongkok di Vanuatu hingga saat ini. 
Dermaga Luganville – foto: DVU/ Harrison Selmen
Admin Jubi
redaksionline@tabloidjubi.com
Editor : Zely Ariane

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Vanuatu, Jubi - Pada tanggal 21 Agustus lalu, dermaga Luganville secara resmi diserahkan oleh Duta Besar Tiongkok.

Dermaga sepanjang 360 meter itu diterima oleh para pejabat pemerintah dan propinsi, dan ia merupakan tambahan yang penting bagi infrastruktur Vanuatu.

Dermaga ini dibiayai pinjaman dari EXIM Bank. Bank asal Tiongkok ini memberi pinjaman sejumlah 9 miliar Vanuatu vatu (kurang lebih US$ 85 juta). Sebagian besar proyek ini bertujuan untuk menyediakan fasilitas bagi wisatawan.

Karena tujuan dari proyek ini, dermaga Luganville  bisa menampung dua kapal pesiar atau tiga kapal muatan pada saat yang sama.

Perdana Menteri Charlot Salwai menekankan pentingnya melunasi pinjaman ini sesegera mungkin. Perusahaan konstruksi yang membangun dermaga ini, Shanghai Construction Group, memenangkan tender, dan pembangunan ini selesai enam bulan lebih awal dari kontrak awal yang memperkirakan durasi pembangunan selama tiga tahun.

Pembangunan dermaga Luganville merupakan proyek terbesar Tiongkok di Vanuatu hingga saat ini. 

Sebuah parade turut meramaikan acara peresmian ini. Pada kesempatan yang sama, Perdana Menteri Salwai juga mengadakan sebuah upacara tradisional sebagai ucapan terima kasih kepada pemilik tanah adat di mana dermaga ini dibangun.

Parade ini membawa para pengunjung dan pemimpin Kepulauan Utara Vanuatu ke dermaga NISCOL (Northern Islands Stevedoring Company Limited) ini.  

NISCOL merupakan perusahaan negara yang bergerak di bidang bongkar muat di pelabuhan dan saham perusahaan ini dimiliki oleh pemerintah nasional dan empat pemerintah propinsi di kepulauan utara Vanuatu.

Peresmian dermaga ini datang pada waktu yang tepat. Departemen Pariwisata Vanuatu (Vanuatu Tourism Office) tengah melaksanakan persiapan untuk menerima perusahaan-perusahaan wisata. Ini berhubungan dengan akan diadakannya pameran wisata yang diiklankan sebagai ‘First Ever Travel Expo’ di ibukota Vanuatu.

Acara ini akan diadakan setelah Tok Tok Vanuatu dan akan dimulai pada tanggal 2 September. Tok Tok Vanuatu merupakan acara tahunan, dan tahun ini ia dilaksanakan dari tanggal 22-26 Agustus. Tok Tok tahun ini merupakan acara dengan peserta perusahaan wisata paling banyak sejauh ini.(Vanuatu Digest/L. J. Giay)

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Perdana Menteri Tuvalu: Laporan media massa itu bohong

Selanjutnya

Anggota oposisi Kiribati tolak minta maaf

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe