Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Lapago
  3. Pemkab Jayawijaya sediakan kotak saran keluhan masyarakat
  • Rabu, 30 Agustus 2017 — 14:47
  • 596x views

Pemkab Jayawijaya sediakan kotak saran keluhan masyarakat

Pemerintah Kabupaten Jayawijaya mulai membuka kotak saran atau pengaduan terhadap seluruh kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan pemerintah Kabupaten Jayawijaya. Kotak pengaduan atau saran ini dikoordinir bagian Humas Pemkab Jayawijaya. Selain menyediakan layananan kotak saran, Humas juga membuka nomor telepon untuk SMS maupun aplikasi whatsapp (WA) di nomor 0811488845.
Kegiatan sarana penyampaian keluhan masyarakat terhadap kinerja pemerintah Kabupaten Jayawijaya di Sasana Wio kantor bupati Jayawijaya - Jubi/Islami
Islami Adisubrata
islami@tabloidjubi.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Wamena, Jubi – Pemerintah Kabupaten Jayawijaya mulai membuka kotak saran atau pengaduan terhadap seluruh kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan pemerintah Kabupaten Jayawijaya. Kotak pengaduan atau saran ini dikoordinir bagian Humas Pemkab Jayawijaya. Selain menyediakan layananan kotak saran, Humas juga membuka nomor telepon untuk SMS maupun aplikasi whatsapp (WA) di nomor 0811488845.

Asisten I Sekda Jayawijaya, Tinggal Wusono, menjelaskan mekanisme pengaduan masyarakat ini merupakan kewajiban dari  pemerintah daerah, meskipun sekarang ini memang belum dilakukan.

“Memang selama ini ada OPD-OPD tertentu yang melakukan pelayanan publik secara internal mereka sudah menyediakan kotak pengaduan sebagai bagian dari mengukur kinerja mereka. Ada beberapa OPD yang sudah melakukan itu,” ujar Tinggal usai memimpin kegiatan sarana penyampaian keluhan masyarakat terhadap kinerja pemerintah Kabupaten Jayawijaya, di Sasana Wio kantor bupati Jayawijaya, Selasa (29/8/2017).

Dijelaskan, saat ini pemerintah daerah menyediakan kotak pengaduan kepada OPD-OPD yang melakukan pelayanan publik untuk disampaikan kepada pemerintah daerah dalam hal ini pimpinan, dan nanti diharapkan akan dilihat sebenarnya yang  disampaikan masyarakat itu adalah bagian dari perbaikan atau ada masalah-masalah lain.

“Sehingga ada tahapan-tahapan yang perlu kita kumpulkan dengan OPD dan nanti pasti kita juga akan memberikan informasi balik dengan keluhan yang ada, ketika secara kebijakan pimpinan sudah memberikan arahan dan secara layanan SKPD sudah akan melakukan perbaikan-perbaikan kaitannya kotak-kotak saran atau pengaduan yang Humas lakukan,” terangnya.

Tinggal menambahkan sesuai SOP dari pengaduan yang diajukan melalui OPD, akan direkap dan akan disampaikan kepada pimpinan.

“Tetapi kami juga akan fasilitasi kepada seluruh OPD untuk mendiskusikan terhadap adanya keluhan masyarakat, sehingga pimpinan juga bisa menjelaskan mana yang menjadi kebijakan dan mana yang menjadi tugas pokok OPD,” ungkapnya.

Sementara Kepala Bagian Humas Jayawijaya, Metty Nahuay, mengaku jika penyediaan kotak saran ini ingin membantu masyarakat jika ingin mengadu kepada pemerintah.

“Jika selama ini pengaduan masyarakat dilakukan dengan cara melakukan aksi demo, Humas membantu kotak-kotak saran ini di setiap OPD, agar masyarakat bisa menyampaikan saran atau usulan kepada pemerintah,” terang Metty.

Nantinya bagian Humas akan mengambil setiap satu minggu untuk dilakukan rekap dan semua persoalan yang ada akan dilaporkan ke pimpinan daerah.

Setiap keluhan yang ada tidak langsung akan dijawab Humas, tetapi akan disampaikan kepada pimpinan. Apabila ada jawaban yang mungkin dapat dipublikasikan nantinya akan disampaikan ke media massa.

“Memang selama ini ada kotak-kotak saran di beberapa OPD tetapi belum digunakan dengan baik, begitu juga penyalurannya tidak dipahami untuk disampaikan. Sehingga Humas hadir untuk menampung semua aspirasi yang ada untuk disampaikan kepada atasan,” ucapnya.

 

Ditambahkan, untuk penempatan kotak saran sebagai langkah pertama ini akan dilakukan di 10 tempat, yaitu di kantor Bupati, Kantor Dinas Otonom, Dinas Kependudukan Capil, Dinas Kesehatan, dan RSUD Wamena. Ada juga di beberapa distrik juga seperti di Kurulu, Wouma, dan Welesi.

“Setelah jangka pendek ini berjalan, kami juga akan siapkan di beberapa kotak pengaduan di tempat-tempat umum seperti di pasar dan bandara untuk bisa mengakomodir masukan masyarakat,” katanya. (*)

 

loading...

Sebelumnya

Sebanyak 24  Mama Papua diberi payung untuk jualan

Selanjutnya

Peringati HUT ke-8, Jemaat Immanuel Dekai diharapkan teladani Nabi Nuh

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe