Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Mamta
  3. Sekitar 90 persen waga Jayapura belum miliki dokumen penduduk
  • Rabu, 30 Agustus 2017 — 15:14
  • 661x views

Sekitar 90 persen waga Jayapura belum miliki dokumen penduduk

Jumlah penduduk Kota Jayapura 14.600 lebih. Tapi diperkirakan 90 persen penduduk  masih lost data atau belum terdata resmi sebagai penduduk Kota Jayapura alias belum memiliki dokumen kependudukan.
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jayapura ketika melakukan pelayanan bagi warga yang tidak memiliki e-KTP - Jubi/Hengky Yeimo
Hengky Yeimo
yeimohengky@gmail.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Jayapura, Jubi – Jumlah penduduk Kota Jayapura 14.600 lebih. Tapi diperkirakan 90 persen penduduk  masih lost data atau belum terdata resmi sebagai penduduk Kota Jayapura alias belum memiliki dokumen kependudukan.

Hal itu disampaikan Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru, kepada sejumlah awak media, Rabu (30/8/2017).

Rustam Saru mengatakan menyimak kondisi tersebut pihaknya telah memerintahkan kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk segera mendata ulang dan ditelusuri 90 persen  penduduk tersebut.

“Mereka yang lost data ini harus dicek. Apakah orangnya pergi tinggalkan Kota Jayapura atau belum didata atau karena mungkin masih belum mempunyai KTP atau sudah meninggal dunia,” kata Rustam Saru.

Rustam Saru mengatakan perlu data kependudukan menyeluruh dan tertata dengan baik agar mereka semua terdaftar secara keseluruhan sebagai penduduk resmi Kota Jayapura. Sehingga tidak menyulitkan Disdukcapil dalam mendata penduduk di Kota Jayapura.

Dikatakan Rustam Saru, ketika pihaknya memantau lokasi kebarakaran ternyata ada beberapa warga yang belum terdaftar dalam data penduduk Kota Jayapura.

“Kita jumpai kejadian yang sama di Sumber Makmur. Sudah dua tahun tinggal tetapi tidak ada identitas. Kemudian di APO Kota, di belakang Sagita, itu ada lima keluarga yang tidak terdaftar di Disdukcapil,” katanya.

Rustam Saru mengatakan RT, RW, dan kelurahan harus aktif mendata orang yang masuk di Kota Jayapura dari manapun dia agar ada data pasti.

“Kita minta kepada Kelurahan, Distrik, RT, RW untuk melakukan pendataan secara menyeluruh agar semua warga Kota Jayapura mempunyai indentitas yang jelas sehingga apabila terjadi musibah RT/RW sudah mempunyai data warganya,” kata Rustam Saru.

“Jangan ketika musibah baru RT/RW mencari tahu identitas penduduknya. Ini tidak boleh terjadi lagi di Kota Jayapura. Harus ada buku pintar sebagai dasar patokan untuk mengetaui warganya masing-masing,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Jayapura, Merlan Uloli, mengatakan dirinya tidak tidak tahu kenapa alasan mereka belum punya KTP. 

“Saya sangat heran dengan sikap masyarakat yang belum ber-KTP ini, padahal sekarang ini segala bentuk pelayanan wajib melampirkan KTP,” katanya. (*)

 

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Rapper Waena Finest mendunia, ratusan ribu viewers di youtube

Selanjutnya

Pemkot Jayapura serius tangani banjir

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe