Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Otonomi
  3. Pemprov buka layanan pengaduan online
  • Rabu, 30 Agustus 2017 — 17:07
  • 481x views

Pemprov buka layanan pengaduan online

Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Papua, Israil Ilolu mengatakan layanan LAPOR dapat diakses dengan cara mengirim pesan singkat (SMS) dengan mengetik PAPUA (spasi) ISI LAPORAN lalu SMS ke 1708.
Poster layanan pengaduan online - Jubi/Alex
Alexander Loen
alex@tabloidjubi.com
Editor : Galuwo

Papua No. 1 News Portal I Jubi

Jayapura, Jubi - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua membuka layanan pengaduan online rakyat (LAPOR). Hal ini dilakukan sebagai upaya mengajak masyarakat untuk bersama-sama membangun dan mengawasi pembangunan di Papua.

Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Papua, Israil Ilolu mengatakan layanan LAPOR dapat diakses dengan cara mengirim pesan singkat (SMS) dengan mengetik PAPUA (spasi) ISI LAPORAN lalu SMS ke 1708.

"Selain melalui SMS, layanan pengaduan juga bisa dilakukan secara online dengan membuka http://lapor.papua.go.id," kata Israil kepada wartawan, di Jayapura, Rabu (30/7/2017).

"Tak hanya itu, warga pun dapat mengunjungi Kantor Biro Humas dan Protokol Setda Papua untuk melapor secara langsung," tambahnya.

Ia menjelaskan, layanan LAPOR merupakan langkah awal dari Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP-PPP), dalam rangka menyediakan sarana pengaduan yang terpadu dan mudah diakses bagi seluruh masyarakat Indonesia. 

"Layanan ini diadopsi Pemprov Papua yang bekerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)," kata Israil.

Selain itu, ujar ia, layanan pengaduan juga berbasis media sosial, yang ditujukan untuk meningkatkan interaksi antara masyarakat dengan pemerintah. "Yang pasti aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur yang mendorong tuntasnya setiap laporan," sambungnya.

Ia mengatakan, layanan LAPOR telah terhubung dengan 67 instansi pemerintah yang terdiri dari seluruh kementerian, sejumlah lembaga nonkementerian, dan pemerintah daerah. Sehingga dipastikan setiap laporan yang disampaikan akan ditindaklanjuti. Asalkan disertai  bukti-bukti valid.

"Kalau ada informasi maupun bukti-bukti terjadinya korupsi, jangan ragu untuk melaporkannya. Sebab kerahasiaan identitas pelapor dijamin selama tidak mempublikasikan sendiri perihal laporan itu," katanya.

"Bahkan nanti kalau perlindungan kerahasiaan tersebut masih dirasa kurang, kami bisa meminta pihak keamanan bisa juga kepada KPK untuk memberikan pengamanan secara fisik sesuai dengan permintaan pelapor," tambahnya.

Secara terpisah, Fredy, warga Kota Jayapura berharap keberadaan layanan LAPOR bisa menjawab keinginan masyarakat dalam mengatasi adanya penyelewengan dana pembangunan.

"Layanan ini bagus, untuk itu mari sama-sama menggunakan aplikasi ini dalam hal pengawasan pembangunan di Papua," kata Fredy. (*) 

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Pemprov cek kesiapan anggaran pilkada 2018

Selanjutnya

Gubernur minta Bakohumas tingkatkan kemitraan

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe