Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Otonomi
  3. Gubernur minta Bakohumas tingkatkan kemitraan
  • Rabu, 30 Agustus 2017 — 17:13
  • 492x views

Gubernur minta Bakohumas tingkatkan kemitraan

"Bakohumas perlu meningkatkan kerja sama layanan informasi dan mengembangkan profesi humas, serta membangun kesepahaman tentang peran dan fungsi Bakohumas dalam rangka mempublikasikan dan mensosialisasikan program pembangunan dan kebijakan pemerintah daerah kepada publik," ucapnya.
Suasana sosialisasi tugas pokok dan fungsi Bakohumas - Jubi/Alex
Alexander Loen
alex@tabloidjubi.com
Editor : Galuwo

Papua No. 1 News Portal I Jubi

Jayapura, Jubi - Gubernur Papua Lukas Enembe meminta Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas) Provinsi Papua, untuk meningkatkan kemitraan guna mewujudkan pemerintahan yang bersih.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Lukas Enembe melalui Staf Ahli Bidang Kesejahteraan Sosial dan Sumber Daya Manusia, Ani Rumbiak, saat sosialisasi tugas pokok dan fungsi forum Bakohumas, di Jayapura, Rabu (30/08/2017).

Ia tekankan, sesuai amanat Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, maka salah satu aspek penting dalam mewujudkan penyelenggaraan pemerintahaan yang bersih dan berwibawa, atau good government adalah hak publik atau masyarakat, untuk memperoleh akses informasi seluas-luasnya sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

"Bakohumas perlu meningkatkan kerja sama layanan informasi dan mengembangkan profesi humas, serta membangun kesepahaman tentang peran dan fungsi Bakohumas dalam rangka mempublikasikan dan mensosialisasikan program pembangunan dan kebijakan pemerintah daerah kepada publik," ucapnya.

Ia menjelaskan, Bakohumas merupakan lembaga nonstruktural yang berperan dan berfungsi sebagai forum koordinasi dan kerja sama, antarunit kerja bidang kehumasan di kementerian, kesekretariatan lembaga negara, lembaga pemerintah setingkat kementerian, lembaga penyiaran publik lembaga nonstruktural.

Selain itu, pemerintah provinsi dan kabupaten/kota, perguruan tinggi negeri/swasta dan badan usaha milik negara serta badan usaha milik daerah.

"Sedangkan Humas adalah upaya yang dilakukan dan direncanakan secara berkesinambungan, dalam rangka menciptakan dan memelihara niat baik dan saling pengertian antara institusi dengan publik," kata Enembe.

Dia menambahkan, hubungan masyarakat di unit kerja bidang kehumasanmerupakan lembaga humas atau praktisi yang melakukan fungsi manajemen dalam bidang informasi dan komunikasi yang persuasif, efektif dan efisien.

"Hal ini untuk menciptakan hubungan kerja yang harmonis dengan publiknya melalui berbagai sarana kehumasan dalam rangka mewujudkan citra dan reputasi yang positif dari instasi pemerintah dan lembaga lainnya," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Subbidang Hubungan Antar Lembaga Media dan Pers Kementerian Dalam Negeri, Andri Indrawan mengingatkan pesan Presiden Joko Widodo kepada Bakohumas Papua agar senantiasa memberikan informasi kepada rakyat. 

"Jangan sampai pemerintah maupun BUMN yang telah bekerja pontang panting tapi tidak diinformasikan kepada publik. Bagaimana masyarakat akan tahu, informasi apa yang telah dikerjakan. Gunakan  cara-cara baru dalam menyampaikan informasi, tinggalkan pola-pola lama," kata Andri.

Menurut ia, kementerian lembaga harus aktif berkomunikasi kepada rakyat. Dalam artian, tidak boleh menunggu informasi ramai beredar di masyarakat. Selain itu juga, harus memiliki agenda setting dan narasi tunggal dalam berkomunikasi.

"Perlu koordinasi dan kerja sama antarunit kerja bidang humas, perencanaan dan pelaksaan kegiatan sesuai kebutuhan masyarakat, mengkaji data, serta penyebaran informasi kepada masyarakat," ucapnya. (*)

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Pemprov buka layanan pengaduan online

Selanjutnya

Dana desa di Papua akan diaudit kementerian

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe