Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Lapago
  3. Disdukcapil: Pemilih pemula di Jayawijaya 13.840 orang
  • Kamis, 31 Agustus 2017 — 10:15
  • 631x views

Disdukcapil: Pemilih pemula di Jayawijaya 13.840 orang

Data yang dimiliki Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Jayawijaya, terdapat 13 ribu lebih pemilih pemula yang akan menyalurkan hak suara pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Jayawijaya maupun pilgub Papua 2018 nanti.
Sosialisasi yang dilakukan KPU Jayawijaya terhadap para pemilih pemula di sekolah - Jubi/Islami
Islami Adisubrata
islami@tabloidjubi.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Wamena, Jubi – Data yang dimiliki Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Jayawijaya, terdapat 13 ribu lebih pemilih pemula yang akan menyalurkan hak suara pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Jayawijaya maupun pilgub Papua 2018 nanti.

Kepala Bidang Informasi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Jayawijaya, Patris Hilapok, di Wamena, Rabu (30/8/2017), mengungkapkan jumlah 13.840 orang pemilih pemula itu tersebar di 40 distrik.

“Jika dilihat sesuai jatuh tempo pada jadwal pencoblosan tanggal 27 Juni 2018, itu ada sekitar 13.840 orang yang masuk sebagai pemilih pemula, baik itu yang merupakan anak sekolah, maupun yang tidak sekolah tetapi sudah mempunyai hak untuk memilih,” ujar Patris Hilapok.

Menurutnya, Disdukcapil sedang mendorong agar pemilih pemula itu bisa terdaftar dalam Kartu Keluarga (KK) di masing-masing rumah tangga dan sudah harus memiliki KTP sebagai syarat untuk menyalurkan hak politiknya.

"Kalau dia sudah masuk di KK, berarti dengan sendirinya dia sudah ada nomor induk kependudukan, yang secara otomatis sudah punya hak untuk memilih. Tingkat usia pada saat itu ada 17 tahun tambah satu hari," katanya.

Sementara Ketua KPU Jayawijaya, Adi Wetipo, mengakui pemilih pemula memang sesuai aturan sudah harus berusia 17 tahun ke atas yang bisa menyalurkan hak pilihnya.

“Tetapi jika ada masyarakat yang belum berusia 17 tahun tetapi sudah menikah, itu bisa menyalurkan hak poltiknya pada pilkada serentak nanti,” kata Adi Wetipo. (*)
 

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Paulina Wisabla diharap perjuangkan mama-mama Papua

Selanjutnya

57 sapi dan 20 kambing dibagikan di Kabupaten Jayawijaya

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe