Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Ekonomi
  3. Lukas Rumere: hewan kurban layak dikonsumsi
  • Sabtu, 02 September 2017 — 13:24
  • 1694x views

Lukas Rumere: hewan kurban layak dikonsumsi

"Ada petugas kami di lapangan, ada bagian inti bidang, teknis dan juga penyuluh. Mereka memantau hewan-hewan kurban di beberapa titik di seluruh distrik di Kota Jayapura," kata Rumere, Jumat (1/9/2017).
Pembagian daging hewan kurban di salah satu masjid di Jayapura - ( Jubi/ Sindung) 
Sindung Sukoco
sindung@tabloidjubi.com
Editor : Galuwo

Papua No. 1 News Portal I Jubi

Jayapura, Jubi - Perayaan Hari Raya Iduladha tahun ini, Dinas Peternakan Provinsi Papua memastikan hewan kurban yang beredar di masyarakat, bebas dari penyakit dan layak konsumsi. 

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmasvet) Dinas Peternakan Provinsi Papua,  Lukas Rumere, mengatakan sedikitnya ada 14 petugas yang memeriksa terbagi menjadi 5 tim tersebar di setiap distrik di Kota Jayapura, Papua. Para petugas memantau kesehatan hewan.

"Ada petugas kami di lapangan, ada bagian inti bidang, teknis dan juga penyuluh. Mereka memantau hewan-hewan kurban di beberapa titik di seluruh distrik di Kota Jayapura," kata Rumere, Jumat (1/9/2017).

Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Papua, I Nyoman Polos, yang juga ketua koordinator tim kesehatan hewan mengungkapkan, petugas tersebut akan melakukan serangkaian tes ante mortem, pemantauan fisik hewan hingga daging, termasuk organ hewan, seperti limpa, paru paru atau jantung. 

"Secara umum dari laporan awal. Pemeriksaan ante mortem itu meliputi kondisi ternaknya, apakah normal atau ada kelainan. Dari pemantauan itu direkomendasikan apakah boleh dipotong atau tidak, aman atau tidak. Karena dari pemantauan fisik itu akan diketahui gejalanya kemungkinan di organ mana, setelah dipotong diperiksa organnya, semua aman dikonsumsi," tukasnya.

Lanjutnya, inipun dilakukan pihaknya di daerah kabupaten lain seperti Kabupaten Jayapura, Kabupaten Keerom dan Sarmi serta daerah-daerah lainnya. "Yang dilakukan oleh Dinas Peternakan kabupaten/kota lainnya."

Ditambahkan Kepala Balai dan Laboratorium Klinik Hewan Type B Jayapura, Sri Utami, dari kerja tim tersebut dilakukan pemeriksaan fisik kepada kantong- kantong peternak yang ada di Arso maupun Koya.

"Sehingga lebih mudah untuk melihat kesehatannya, selanjutnya ini juga bisa jadi upaya sosialisasi seperti apa kesehatan organ dalam sapi yang tak layak konsumsi dan bisa dikonsumsi, dan ini bisa mengedukasi mereka," ujarnya. (*) 

loading...

Sebelumnya

Telkomsel serahkan 41.000 paket hewan kurban

Selanjutnya

Ternyata angkutan udara menjadi fakktor pendorong inflasi di Papua

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe