Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Ekonomi
  3. BI akan resmikan Bank Papua jadi kas titipan di Nabire 
  • Kamis, 06 September 2017 — 17:38
  • 106x views

BI akan resmikan Bank Papua jadi kas titipan di Nabire 

"BI selaku otoritas sistem pembayaran terus berupaya memastikan peredaran uang rupiah layak edar di seluruh wilayah Indonesia. Baik dari segi nominal maupun jenis pecahan secara tepat waktu dan tepat jumlah," kata Joko, usai acara konferensi pers KEKR dan Kajian Fiskal di Gedung BI, Selasa (5/9/2017).
Peresmian kas titipan di Serui - Jubi/ Sindung
Sindung Sukoco
sindung@tabloidjubi.com
Editor : Galuwo

Papua No. 1 News Portal I Jubi

Jayapura, Jubi - Bank Indonesia (BI) Perwakilan Papua, akan meresmikan kantor kas titipan di Nabire, pada pertengahan September 2017 mendatang. 

Kepala Perwakilan BI Papua, Joko Supratikto, mengatakan kas titipan merupakan perpanjangan dari layanan kas Bank Indonesia yang dititipkan pada salah satu bank, untuk mencukupi persediaan uang kas perbankan.

"BI selaku otoritas sistem pembayaran terus berupaya memastikan peredaran uang rupiah layak edar di seluruh wilayah Indonesia. Baik dari segi nominal maupun jenis pecahan secara tepat waktu dan jumlah," kata Joko, usai acara konferensi pers KEKR dan Kajian Fiskal di Gedung BI, Selasa (5/9/2017).

Pembukaan kantor tersebut merupakan kerja sama BI dengan Bank Papua cabang Nabire  sebagai bank pengelola kas titipan dan merupakan kas titipan keenam setelah Sorong,  Biak, Timika, Merauke, Wamena, dan Kepulauan Yapen. 

Joko berharap kantor layanan kas titipan bermanfaat bagi masyarakat dan industri perbankan yang lebih efisien. Termasuk pemenuhan kebutuhan uang layak edar. Sesuai UU Nomor 7 tahun 2011 tentang mata uang, BI diberikan kewenangan dan tugas untuk mengedarkan rupiah. Dalam proses pengedaran tersebut, BI dituntut untuk memenuhi ketersediaan rupiah dalam jumlah yang cukup, jenis pecahan yang sesuai kebutuhan, tepat waktu dan dalam kualitas serta kondisi yang layak edar.

"Inilah upaya-upaya yang dilakukan oleh BI dalam pencapaian clean money policy, dengan menarik dan mengganti uang lusuh dengan uang layak edar. Memusnahkan uang lusuh, mensosialisasikan cara perlakuan terhadap uang dengan baik, melayani penukaran uang kertas maupun logam serta menyediakan layanan operasional kas titipan di daerah, " ujarnya.

Ditanya mengenai pagu titipan, pihaknya akan membahas lebih lanjut bersama dengan bank yang bersangkutan.

"Kami akan lihat kebutuhan transaksi yang ada di wilayah tersebut," ujarnya.

Yohana, salah satu warga mengaku perlu adanya fasilitas penukaran uang di pelosok kabupaten, sebab uang yang beredar sekarang banyak yang lusuh.

"Ini saja di Kota Jayapura banyak uang lusuh atau kotor. Bagaimana di daerah pegunungan tanpa adanya penukaran uang yang dilakukan BI? Jadi langkah yang diambil tersebut sudah bagus," katanya. (*)

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

BI Papua: pertumbuhan ekonomi Papua meningkat

Selanjutnya

Noken menjadi ‘incaran’ peserta FKMTSI

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe