Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Domberai
  3. BBKSDA Papua Barat gelar Jambore Konservasi di Sorong
  • Rabu, 06 September 2017 — 14:47
  • 1272x views

BBKSDA Papua Barat gelar Jambore Konservasi di Sorong

Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Papua Barat akan menyelenggarakan Jambore Konservasi, yang merupakan bagian dari rangkaian perayaan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) yang diperingati setiap 10 Agustus. Jambore Konservasi akan dilaksanakan di Taman Wisata Alam (TWA) Sorong, 8 hingga 10 September mendatang.
Taman Wisata Alam di sorng, Papua Barat, tempat penyelenggaraan Jambore Konservasi, 8-10 September 2017 – Jubi/Florence
Florence Niken
gendis2005.soebroto@gmail.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Sorong, Jubi - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Papua Barat akan menyelenggarakan Jambore Konservasi, yang merupakan bagian dari rangkaian perayaan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) yang diperingati setiap 10 Agustus. Jambore Konservasi akan dilaksanakan di Taman Wisata Alam (TWA) Sorong, 8 hingga 10 September mendatang.

Kepala BBKSDA Papua Barat, R. Bassar Manulang, menjelaskan Jambore Konservasi merupakan kegiatan tahunan yang rutin dilaksanakan sebagai bentuk fasilitasi dan apresiasi pembinaan cinta alam terhadap para mitra binaan khususnya pelajar pecinta alam dan kader konservasi.

"Tema HKAN tahun ini adalah Konservasi alam konservasi kita. Kami mencoba mengemas Jambore Konservasi ini sebagai bentuk apresiasi pembinaan cinta alam multipihak karena sejatinya konservasi ini adalah dari, oleh, dan untuk semua pihak," ungkap Bassar Manulang, saat ditemui Jubi, Rabu (6/9/2017).

Konsep kegiatan ini sendiri menurut ketua panitia penyelenggara, Tutut Heri Wibowo,  kegiatan Jambore Konservasi adalah perkemahan dengan difokuskan pada pembelajaran melalui workshop sesuai tema tentang satwa, tumbuhan, pembibitan, Herpetofauna, reptil, dan juga workshop tentang mari berbicara lewat foto serta pemutaran film Alam Berbicara.

"Hingga saat ini telah terdaftar kurang lebih 200 peserta yabg berasal dari sekolah menengah atas yang ada di diKabupaten/Kota Sorong," terang Tutut Heri Wibowo.

"Mari berbicara lewat foto merupakan pelatihan singkat tentang bagaimama memaksimalkan fungsi dan fitur kamera dari ponsel pintar untuk menyampaikan informasi melalui media-media sosial maupun media daring lainnya, dengan memperkuat pesan yang ingin disampaikan dengan mengasah keterampilan untuk menuliskan keterangan atau caption foto," papar Nikka Amandra Gunadharma, West Papua Communication & Outreach Coordinator untuk CI Indonesia, salah satu mitra yang terlibat dalam kegiatan Jambore Konservasi ini.

Kegiatan ini sendiri dilaksanakan di Taman Wisata Alam Sorong yang merupakan salah satu kawasan kelola dari BBKSDA Papua Barat yang luasnya mencapai 945,9 ha. TWA Sorong merupakan perwakilan dari tipe ekosistem hutan dataran rendah yang didalamnya terdapat Arboretum peninggalan Belanda sejak tahun 1946 yang didominasi tanaman damar seluas 200 ha dan jenis vegetasi dataran rendah lainnya serta ‘rumah’ alami bagi 13 jenis mamalia, 51 jenis unggas, 16 jenis reptilia, dan 3 jenis satwa amfibi. (*)

 

loading...

Sebelumnya

Seleksi MRP PB ditemukan nama ganda

Selanjutnya

BBKSDA: Masyarakat jangan jual-belikan satwa dilindungi

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe