Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Mamta
  3. Sebanyak 19.830 warga Jayapura Utara belum perekaman E-KTP
  • Jumat, 08 September 2017 — 14:05
  • 514x views

Sebanyak 19.830 warga Jayapura Utara belum perekaman E-KTP

Sebanyak 19.830 orang warga yang berdomisili di distrik Jayapura Utara (Japut), kota Jayapura belum melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP).
Pelayanan e-KTP di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jayapura - Jubi
ANTARA
redaksi@tabloidjubi.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Jayapura, Jubi/Antara - Sebanyak 19.830 orang warga yang berdomisili di distrik Jayapura Utara (Japut), kota Jayapura belum melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP).

"Warga di distrik Jayapura Utara yang belum melakukan perekaman berjumlah 19.830 orang atau diprosentasikan yakni 26,39 persen. Sedangkan yang sudah melakukan perekeman E-KTP sebanyak 53.220 orang," kata Kepala Distrik Jayapura Utara, Adam Rumbiak, di Jayapura, Jumat (8/9/2017).

Sementara warga di distrik itu yang wajib E-KTP sebanyak 72.303 orang atau diprosentasekan yakni 73,61 persen.

Menurut dia, pihaknya sudah maksimal mengimbau kepada warga untuk datang melakukan perekaman E-KTP di kantor distrik dan pelayanan perekaman E-KTP juga sudah sangat maksimal dilakukan.

"Kami di distrik Japut boleh dibilang cukup memanjakan warga di distrik ini. Warga  cukup datang dan melapor bahwa ada sekian orang yang belum melakukan perekaman, petugas distrik akan turun dan melakukan perekaman. Alatnya 'mobile' dan bisa dibawa kemana-mana," ujarnya.

Dia mengatakan, petugas distrik selalu bergerak ke rumah warga untuk melakukan perekaman E-KTP.

"Warga datang ke distrik dan hendak melakukan perekaman kita siap. Kalau ada warga yang datang ke kantor distrik dan lapor bahwa warga di kelurahannya siap melakukan perekaman maka petugas distrik langsung turun dan layani," ujarnya.

 Alat perekaman E-KTP dari distrik maupun dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Jayapura selalu siap untuk melayani warga.

"Petugas distrik sudah turun dan melakukan pelayanan perekaman E-KTP ke mall yang ada di sekitar distrik itu, ke rumah-rumah warga, bahkan ke sekolah-sekolah pun petugas distrik sudah turun dan melakukan perekaman E-KTP," ujarnya.

Sosialisasi terkait kartu penduduk elektronik ini, kata dia, juga sudah dilakukan sejak petugas distrik melakukan perekaman di rumah-rumah warga.

Namun, sebagian warga belum mengurus E-KTP karena disebabkan beberapa hal di antaranya beberapa warga pemikirannya sangat berlebihan sehingga tidak mau mengurus kartu penduduk elektronik.

"Ada kelompok seperti itu yakni pemikirannya tentang agama yang berlebihan sehingga dia tidak mau mengurus kartu penduduk elektronik. Mereka menolak melakukan perekaman karena menurut mereka berkaitan dengan keyakinan, jumlahnya cukup banyak," ujarnya.

Adam menyebutkan ada kelompok warga yang datang ke kantor distrik dan minta untuk difoto untuk dibuatkan KTP tetapi tidak bersedia untuk aidis matanya diambil dengan sidik jarinya diambil.

"Ada juga kelompok yang merasa bahwa KTP itu tidak terlalu penting untuk dia. Ada warga yang tidak datang melaporkan dirinya ke kantor distrik," ujarnya.

Ia menambahkan pihaknya berharap agar warga sadar mengurus kartu identitas penduduk elektronik itu sehingga dapat memudahkan dia dalam berbagai pelayanan baik pelayanan di pemerintahan maupun pelayanan di bank. (*)

 

loading...

Sebelumnya

LSM Ilalang dan CRCS luncurkan buku tentang Papua

Selanjutnya

Relawan LE for Papua Jilid II konsolidasi akbar, akan demo hingga ke LN

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe