Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Jayapura Membangun
  3. ASN Jayapura diajak berinovasi
  • Selasa, 12 September 2017 — 12:45
  • 385x views

ASN Jayapura diajak berinovasi

Ajakan itu untuk  mewujudkan Kota Jayapura menuju kompetisi inovasi pelayanan publik tingkat nasional.
Sekertaris Daerah Kota Jayapura, Rasmus D. Siahay, saat sosialisasi kompetisi inovasi ASN. Hengky Yeimo- Jubi.
Hengky Yeimo
yeimohengky@gmail.com
Editor : Edi Faisol

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Jayapura, Jubi - Sekertaris Daerah Kota Jayapura, Rasmus D. Siahay, meminta agar Aparatatur Sipil Nasional (ASN) berinovasi dalam melayani publik. Ajakan itu untuk  mewujudkan Kota Jayapura menuju kompetisi inovasi pelayanan publik tingkat nasional.

“Inovasi pelayanan publik yang dimaksud adalah gagasan ide kreatif yang orisinal atau adaptasi modifikasi yang memberikan manfaat bagi masyarakat,” kata Rasmus D. Siahay, saat sosialisasi kompetisi inovasi bagi ASN, Selasa, (12/9/2017).

Ajakan Rasmus itu mengacu pada peraturan menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, nomor 19 tahun 2016 tentang kompetisi inovasi pelayanan publik tahun 2017. Dalam aturan itu, menurut Rasmus, lembaga pemerintah, BUMN maupun BUMD mampu menciptakan minimal  satu inovasi baru dalam bentuk pelayanan.

“Persyaratan inovasi yang diciptakan meliputi perbaikan pelayanan publik yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. Inovasi itu sudah diverifikasi bersifat berkelanjutan dan sudah dilaksanakan,” kata  Rasmus menambahkan.

Ia berharap selama lima tahun ke depan seluruh pimpinan atau organisasi perangkat daerah maupun unit-unit pelayanan pemerintah Kota Jayapura dapat mengelola dan penyelenggarakan pemerintahan yang semakin modern dengan inovasi yang baik untuk kepentingan pelayanan masyarakat.

Rasmus yakin para aparatur sipil nasional di Jayapura mampu menciptkan inovasi baru karena punya kemampuan menangkap semua hal yang berkembang di tengah kehidupan masyarakat. “Yang bisa dikolaborasikan sebagai konstruksi pelayanan yang  memuaskan masyarakat,” kata Rasmus, yakin.

Kepala Badan Organisasi Tata Laksana (Ortal) Kota Jayapura, M. E. Waromi menyebutkan kompetensi ASN sudah berlangsung sejak tahun 2015. Kota Jayapura sendiri terus berinovasi dalam perbaikan pelayanan kepada masyarakat.

"Banyak inovasi pelayanan publik yang sudah dilakukan. Tetapi sebelumnya kami belum ikut dalam  kompetisi inovasi,”kata Waromi.

Menurut dia, saat ini Jayapura kirim tiga kompetisi inovasi. Masing-masing dari Dinas Kependudukan dan catatan sipil (Dukcapil), dengan pelayanan e-KTP  yang fokusnya Kampung kayu Batu. Selain itu juga  pelayanan terpadu satu pintu dengan fokus pelayanan perizinan secara on line. “Yang ketiga pemberdayaan perempuan dengan pelayanan perempuan di 14 kampung,” katanya.

Menurut Waromi, banyak kekurangan bukan menjadi kendala karena selama ini Kota Jayapura menjadi Ikon model dalam inovasi.

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Ribuan orang berebut menjadi pendamping desa

Selanjutnya

GIDI klasis port Numbay gelar konferensi ke II

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe