Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Polhukam
  3. Polda Papua Barat tetapkan empat tersangka korupsi
  • Rabu, 13 September 2017 — 13:55
  • 1041x views

Polda Papua Barat tetapkan empat tersangka korupsi

Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Papua Barat menetapkan empat tersangka dalam kasus dugaan korupsi pengadaan kapal cargo di Kabupaten Sorong Selatan.
Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Papua Barat, Kombes Pol Parlindungan Silitonga - IST
ANTARA
redaksi@tabloidjubi.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Manokwari, Jubi/Antara - Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Papua Barat menetapkan empat tersangka dalam kasus dugaan korupsi pengadaan kapal cargo di Kabupaten Sorong Selatan.

Direktur Reskrimsus Polda Papua Barat, Kombes Pol Parlindungan Silitonga, di Manokwari, Selasa (12/9/2017), mengatakan berkas perkara kasus ini telah dilimpahkan ke Kejaksaan Tinggi Papua.

"Sebelumnya sudah pernah kita limpahkan, tapi ada beberapa petunjuk yang harus kita lengkapi. Kami sudah lengkapi dan beberapa waktu lalu sudah diserahkan kembali," kata Parlindungan.

Dia menjelaskan dalam mengungkap kasus ini polisi mengambil keterangan dari 15 saksi. Polisi pun mengambil keterangan dari empat ahli terkait kasus tersebut. Salah satu saksi dimintai keterangan, yakni mantan Bupati Sorsel Otto Ihalauw. Keterangan Otto dibutuhkan karena pengadaan tersebut dilaksanakan pada masa pemerintahanya.

Berdasarkan hasil audit investigasi yang dilaksanakan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Papua Barat, dalam kegiatan tersebut ditemukan kerugian negara sekitar Rp 1,2 miliar.

"Total anggaran yang digunakan dalam kegiatan pengadaan ini sebesar Rp 4,4 miliar. Penanganan kita fokus pada dugaan kerugian negara," katanya menambahkan.

Pengadaan ini dilaksanakan dengan melibatkan PTINH selaku pihak ketiga.

Satu dari empat tersangka kasus ini yakni MN selaku direktur perusahaan tersebut.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tahun 2006 lalu. Sementara kontrak pekerjaan tersebut baru dibuat pada tahun 2007 dengan jangka waktu pelaksanaan kegiatan selama 100 hari kerja dari 12 September hingga 20 Desember 2007.

Kapal ini dibeli dari direktur CV KLS seharga Rp 2,8 miliar dari nilai yang tertuang dalam dokumen kontrak kegiatan sebesar Rp 4,4 miliar. (*)

 

loading...

Sebelumnya

Kalapas Nabire: Membina dalam iman dan kasih

Selanjutnya

Dualisme PKPI, Ramses Wally klaim masih ketua DPD Papua

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe