Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Berita Papua
  3. Bhabinkamtibmas dan Babinsa dibekali tentang dana desa
  • Rabu, 13 September 2017 — 18:56
  • 444x views

Bhabinkamtibmas dan Babinsa dibekali tentang dana desa

Pembekalan itu sebagai modal pemahaman mereka sebelum terlibat pengawasan dan penyaluran dana desa di setiap kampung di Papua.
Anggota Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) dan Bintara Pembina Desa (Babinsa) ikut pelatihan dana desa - Jubi/Alex
Alexander Loen
alex@tabloidjubi.com
Editor : Edi Faisol

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Jayapura, Jubi – Ratusan anggota Bhayangkara Pembina Keamanan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) dan Bintara Pembina Desa (Babinsa) mendapat pembekalan mengenai penggunaan dana desa. Pembekalan itu sebagai modal pemahaman mereka sebelum terlibat pengawasan dan penyaluran dana desa di setiap kampung di Papua.

“Pembekalan untuk mempelajari petunjuk teknis dari Kementerian Desa sesuai tupoksinya masing-masing agar  tidak tumpang tindih dengan tenaga pendamping yang direkrut oleh pemerintah provinsi,” kata  Sekretaris Daerah Provinsi Papua, Hery Dosinaen di Jayapura, Rabu (13/9/2017).

Hery menyebutkan, pembekalan anggota TNI dan Polri yang biasa bertugas di tingkat desa itu penting untuk menghindari salah paham antar masyarakat maupun aparat kampung. Keterlibatan mereka mengawasi penyaluran dana desa diharapkan mampu menghilangkan aparat kampung yang sering berurusan dengan penegak hukum. "Karena kadang salah dalam mengelola dana pemerintah,” kata Hery menjelaskan.

Ia  berharap Bhabinkamtibmas dan Babinsa dapat meminimalisir penyelewengan penggunaan anggaran. Meski, ia mengakui pemahaman dan kemampuan aparat kampung masih sangat minim.  Hery yakin pembekalan itu dapat membangun sinergitas bersama semua stakeholder terkait.

"Saya harap TNI maupun Polri serta aparat kampung dapat berkolaborasi menentukan arah pengelolaan dana desa, baik pemanfaatan dan pertanggungjawaban yang lebih baik,” katanya.

Kepala Kepolisian Daerah Papua, Inspektur Jenderal Boy Rafli Amar, mengimbau anggota Bhabinkamtibmas dan Babinsa menjalin koordinasi yang bersinergi dengan kepala kampung dan jajarannya.

Salah satunya kerja sama yang dimadsud mengajak kepala kampung mengumumkan secara resmi tentang besaran dana desa yang diterima serta program apa yang dibuat . “Kami ingin mensejahterakan masyarakat di tingkat kampung dan desa agar bisa  diwujudkan sebaik baiknya,” kata Boy.

menurut Boy peran Bhabinkamtibmas dan Babinsa sangat diperlukan untuk mencegah ketimpangan.

 

loading...

Sebelumnya

Tilang E-CCTV di Kota Jayapura masih wacana

Selanjutnya

Popnas sepak bola, Papua ditahan imbang Riau 1-1

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe