Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Berita Papua
  3. Yakoba Lokbere: Dinsos Provinsi harus bekerja sesuai fungsinya
  • Rabu, 13 September 2017 — 16:07
  • 407x views

Yakoba Lokbere: Dinsos Provinsi harus bekerja sesuai fungsinya

Ketua Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Papua, Yakoba Lokbere, fokus membenahi dan menyelesaikan persoalan yang ada di provinsi, baru turun ke daerah.
Ketua Komisi V DPR Provinsi Papua, Yakoba Lokbere, saat foto bersama dengan para lansia di Panti Bina Lansia, Pos 7 Sentani, Kabupaten Jayapura - Jubi/Yance Wenda 
Yance Wenda
yan_yance@ymail.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Sentani, Jubi – Ketua Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Papua, Yakoba Lokbere, fokus membenahi dan menyelesaikan persoalan yang ada di provinsi, baru turun ke daerah.

“Dinas Sosial Provinsi harus bekerja sesuai fungsinya,” kata Yakoba Lokbere, saat mengunjungi Panti Bina Sosial Bina Lanjut Usia, di Pos 7 Sentani Kabupaten Jayapura, Selasa (12/9/2017).

Yakoba Lokbere mengunjungi panti tersebut bersama dua anggotanya Natan Pahabol dan Bobirus Jikwa.

Ini adalah kedua kalinya melakukan kunjungan ke Panti Bina Sosial Bina Lanjut Usia, di Pos 7 Sentani Kabupaten Jayapura. Pada kesempatan itu Yakoba Lokbere berdialog dengan para lanjut usia (lansia) penghuni panti dan para pegawai Dinas Sosial yang bertugas di panti tersebut.

Kunjungan tersebut selain untuk memantau aktivitas dip anti tersebut, juga untuk memberikan bantuan berupa bahan makanan.

“Panti ini merupakan panti terbesar di Papua yang menampung orang tua kita yang sudah lanjut usia. Jumlahnya sekitar 50 orang. Namun kondisi disini sangat memprihatinkan,” kata Yakoba Lokbere, kepada Jubi, Selasa (12/9/2017).

Yakoba mengatakan jika bicara soal dana bantuan untuk Tanah Papua, jumlanya banyak. Namun semua kembali kepada dinas terkait, bagaimana mengelola bantuan tersebut.

“Seharusnya panti ini menjadi fokus perhatian tapi selama ini fokusnya kemana?. Keluhan yang kami dengar saat pertama datang itu juga kami masih dengar yang sama juga di saat ini,” ucap Lokbere.

Yakoba juga mengatakan dari laporan yang ia dengar, dinas terkait dalam hal ini Sekertaris Dinas Sosial datang dan sudah memeriksa bahkan mengambil gambar.

“Realisasinya tindak-lanjutnya itu seperti apa kalau sudah datang ambil gambar. Ada masalah yang perlu dipecahkan bersama seperti apa yang dilaporkan oleh pengurus panti,” tuturnya.

Ia juga mengatakan mendapatkan laporan bahwa keamanan di panti belum terjamin dan tempat tinggal masih banyak yang harus dibenahi.

“Panti ini tidak ada pagar dan security. Orang mabuk bisa masuk dan mengganggu kenyamanan para penghuni panti yang notabene semua orang tua. Air juga ada masalah,”ujar Lokbere.

Lokbere mengatakan banyak persoalan yang harus diselesaikan Dinas Sosial namun sampai saat ini belum juga ada realisasi. Untuk itu ia berharap ada perhatian serius dari lima persoalan yang dirasakan oleh para penghuni panti.

“Kalau memang Dinas Sosial Provinsi berpatokan kepada dana, mungkin dana minim atau alasan apa sehingga tidak bisa perhatikan seluruhnya. Kalau tidak bisa semua, cukup satu atau dua itu saja supaya para penghuni dan petugas di panti ini hidup tenang di tempat ini,” tegas Lokbere.

 “Tahun lalu saya datang dan keluhan masih sama. Ini Dinas Sosial kerja apa? Fokusnya kemana selama ini? Kita tidak tahu. Dinas Sosial mempunya kewajiban menyelesaikan masalah-masalah ini. Mungkin kemarin kami sudah kasih ingat ternyata masih belum ditangani. Mereka ini tugasnya seperti apa dan kerja dimana. Ini yang menjadi pertanyaan bagi kami,” katanya menambahkan.

Mangoting, staf Panti Bina Sosial Bina Lanjut Usia di Sentani Pos 7, menjelaskan ada beberapa wisma dipanti tersebut sudah sekitar tiga tahun yang rusak dan tidak difungsikan lagi.

"Pintu panti terbuka bagi siapapun yang mau datang, baik ada berkat maupun tidak ada berkat. Mengenai kerusakan wisma, pimpinan sudah sampaikan proposal namun sampai saat ini belum ada jawaban juga," jelasnya. (*)

 

loading...

Sebelumnya

Sejumlah Daerah ini jadi contoh pengawasan dana desa

Selanjutnya

DPRD panggil pejabat dinas, terkait guru mangkir

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe