Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Pasifik
  3. Warga Vanuatu dapat peringatan aktifitas gunung berapi
  • Kamis, 14 September 2017 — 07:49
  • 686x views

Warga Vanuatu dapat peringatan aktifitas gunung berapi

Semburan abu telah berhenti beterbangan di Ambae tapi aktivitas seismik tetap berada di kategori level tiga, mengindikasikan terjadinya erupsi kecil.
Kawah aktif Gunung Yasur di Pulau Tanna tahun 2016 – RNZI/ Jamie Tahana
RNZI
Editor : Zely Ariane
LipSus
Features |
Senin, 23 April 2018 | 13:37 WP
Features |
Selasa, 17 April 2018 | 13:24 WP

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Port Vila, Jubi – Pihak berwenang di Vanuatu mengatakan empat dari enam gunung berapi di seluruh kelompok kepulauan tersebut sedang mengalami peningkatkan aktivitas vulkanik.

Departemen Meteorologi dan Geohazard Vanuatu memperingatkan para wisatawan dan pusat-pusat penerbangan mengenai perubahan drastis dalam aktivitas vulkanis ini.

Pakar meteorologi Esline Bule mengatakan tingkat kebisingan dari pusat kawah dan keburukan kualitas udara akibat gas vulkanik di pulau vulkanik Ambrym sangat genting.

Semburan abu telah berhenti beterbangan di Ambae tapi aktivitas seismik tetap berada di kategori level tiga, mengindikasikan terjadinya erupsi kecil.

“Di Ambae sudah terjadi semburan abu vulkanik yang signifikan akhir pekan lalu, di bagian barat. Ambrym, abu vulkanik belum banyak terlihat di desa. Namun banyak hal yang terlihat sedang terjadi di atas kawah.“

Esline Bule mengatakan ada beberapa larangan untuk kaum wisatawan, termasuk bahwa mereka harus tinggal paling tidak 3km dari kawah kedua pulau tersebut.

Selain itu, terjadi juga letusan kecil di Gunung Yasur, di pulau Tanna, yang memang telah diketahui ketidakstabilan aktifitas vulkanisnya sehingga dikategorikan ketingkat dua.

Pihak ini juga sedang meninjau data yang baru mereka terima dari pulau Lopevi dan akan memberitahu Pusat Penasihat Abu Vulkanik di Wellington bila tingkat siaga meningkat dan diperlukan pengalihan rute penerbangan.(Elisabeth C. Giay)

loading...

Sebelumnya

Literasi mengubah hidup

Selanjutnya

PM Tuvalu kecewa dengan komitmen Perubahan Iklim di Forum Apia

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Populer

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe