Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Ekonomi
  3. Panen raya, harga jeruk Arso turun
  • Kamis, 14 September 2017 — 15:02
  • 977x views

Panen raya, harga jeruk Arso turun

Jeruk manis asal kampung Arso, Keerom, Papua, yang dijual di pasar Hamadi, Kota Jayapura saat ini Rp 8 ribu per kilo.
Jeruk manis asli Arso yang dijual di pasar Hamadi, Kota Jayapura, Kamis, (14/7/2017) - Abeth You/Jubi.
Abeth You
Editor : Edi Faisol

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Jayapura, Jubi – Memasuki musim panen raya harga jeruk Arso turun dari harga biasanya yang mencapai Rp 10 ribu per kilo gram. Pantauan Jubi jeruk manis asal kampung Arso, Keerom, Papua, yang dijual di pasar Hamadi, Kota Jayapura saat ini Rp 8 ribu per kilo.

"Ini jeruk dari Arso, satu kilo yang besar Rp  8 ribu . Turun sebelumnya Rp 10 ribu per kilo,” kata Samiken, pedagang jeruk Arso di pasar Hamadi, kepada Jubi, Kamis, (14/7/2017).

Samiken juga menyediakan jenis jeruk lebih kecil dengan harga Rp 5 ribu per kilo gram. “Yang biji kecil Rp 5 ribu per kilo," kata Samiken menawarkan.

Harga itu dinilai masih stabil karena ia masih punya untung, sedangkan minat pembelian dari masyarakat masih tinggi. Selain melayani pembeli di pasar, Samiken juga melayani para pelaggan dengan cara mengantar ke pemesan di tempat tinggal.

Samiken menjual jeruk hasil panen dari kebun sendiri, ia dibantu anaknya yang mengangkut ke pasar usai panen. Rat-rata para penjual jeruk Arso mampu memasarkan dua karung jeruk masing-masing kapasitas 50 kilo gram.

Penjualan itu mampu menghasilkan lebih kurang  Rp 300 ribu per hari . “Lumayan bisa gantikan harga keringat,”  kata Samiken menjelaskan.

Nuel, seorang pembeli jeruk Arso  mengaku lebih suka mengkonsumsi jeruk asli Papua itu daripada jeruk impor. Menurut Nuel selain rasanya lebih manis, alasan membeli jeruk asli Papua itu juga rasa cinta salah satu komoditi hasil pertanian tanah kelahiranya.

"Sebagai orang Papua, ya kita nikmati hasil asli dari Papua. Itu lebih baik," kata Nuel saat membeli empat kilo gram jeruk.

loading...

Sebelumnya

Penerimaan royalti PT Freeport di Mimika masih rendah

Selanjutnya

Harga jual ikan asap murah, mama-mama Pasar Youtefa mengeluh

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Populer

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe