Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Otonomi
  3. Pemerintahan kampung harus mandiri
  • Kamis, 14 September 2017 — 16:42
  • 344x views

Pemerintahan kampung harus mandiri

Pemerintah provinsi Papua medorong agar kemandirian itu dibantu dengan perhatian bupati dan wali kota di daerah secara serius.
Ilustrasi aparat kampung - Dok Jubi
Editor : Edi Faisol

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Jayapura, Jubi - Pemerintahan kampung dituntut mandiri dalam membangun sarana prasarana, sumber daya manusia, maupun  dana serta kewenangan rumah tangganya. Pemerintah provinsi Papua medorong agar kemandirian itu dibantu dengan perhatian bupati dan wali kota di daerah secara serius.

“Saat ini pengucuran dana desa begitu besar langsung ke kampung. Bagian ini menjadi suatu beban pemerintah kabupaten dan kota untuk mengawal dan mengawasi sehingga tercapai sasaran kesejahteraan masyarakat,” kata Sekretaris Daerah Papua Hery Dosinaen, Hery, di Jayapura, Kamis (14/9/2017).

Ia mengingatkan untuk merumuskan kebijakan penyelenggaraan pemerintahan kampung yang lebih baik, maka dibutuhkan validasi data yang akurat dari semua kabupaten dan kota di Papua. Sebab, menurut Hery, saat ini banyak kampung di Papua yang dimekarkan hanya atas dasar kepentingan politik, dan mengejar dana yang dikucurkan ke setiap kampung.

“Tentunya ini yang menjadi kendala, sebab saat ini terlalu banyak kampung tapi sayangnya tidak didukung dengan jumlah penduduk yang memadai,” katanya.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Kampung ( BPMK) Provinsi Papua, Donatus Mote meminta aparat kampung di 29 kabupaten dan kota mampu mengelola dana desa secara maksimal untuk kesejahteraan masyarakat.

"Ini harus menjadi perhatian dari setiap aparatur kampung,” kata Donatus.

Ia mentekankan, dana desa yang sudah dikucurkan oleh pemerintah pusat ke seluruh kampung atau desa di Papua sangat besar, sehingga penggunaannya harus efisien, efektif, transparan dan akubtabel.

“Program pembangunan bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, karena sesuai dengan data, penerima manfaat dari pembangunan sebanyak 70 persen ada di kampung-kampung," ujarnya.

 

loading...

Sebelumnya

Provinsi Papua genjot pemerataan pembangunan

Selanjutnya

Dinas PU sosialisasikan pencegahan korupsi

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe