Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Polhukam
  3. Pemkab Intan Jaya fokus selesaikan pertikaian pilkada
  • Kamis, 14 September 2017 — 17:36
  • 436x views

Pemkab Intan Jaya fokus selesaikan pertikaian pilkada

"Sebagian ASN keluar dari Intan Jaya karena khawatir masalah keamanan. Melihat kondisi ini, saya dan wakil yang aktif hingga November 2017, bersama seluruh tim, anggota DPR Papua dari Intan Jaya, komitmen menyelesaikan masalah ini," kata Natalis dalam keterangan persnya kepada wartawan di Kota Jayapura, Kamis (14/9/2017).
Bupati dan Wakil Bupati Intan Jaya, yang juga pasangan kepala daerah Intan Jaya terpilih, Natalis Tabuni-Yan Kobogayau (tengah) ketika memberikan keterangan pers, Kamis (14/9/2017) - Jubi/Arjuna
Arjuna Pademme
harjuna@tabloidjubi.com
Editor : Galuwo

Papua No. 1 News Portal I Jubi

Jayapura, Jubi - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Intan Jaya, Papua, menyatakan kini fokus menyelesaikan pertikaian antarpendukung pasangan calon kepala daerah di wilayah itu, 23-24 Februari 2017, ketika sedang berlangsung pleno KPUD setempat, dan pembakaran sejumlah kantor, 30 Agustus 2017, pascaputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang memenangkan pasangan calon kepala daerah petahana, Natalis Tabuni-Yan Kobogayau.

Natalis mengatakan, pascaputusan putusan MK, sejumlah kantor pemerintahan, barak pegawai di Intan Jaya dibakar dan dijarah sekelompok orang yang tidak puasa dengan hasil pilkada setempat.

"Sebagian ASN keluar dari Intan Jaya karena khawatir masalah keamanan. Melihat kondisi ini, saya dan wakil yang aktif hingga November 2017, bersama seluruh tim, anggota DPR Papua dari Intan Jaya, komitmen menyelesaikan masalah ini," kata Natalis dalam keterangan persnya kepada wartawan di Kota Jayapura, Kamis (14/9/2017).

Dalam menyelesaikan pertikaian antarpendukung pasangan calon di Intan Jaya, ada beberapa langkah akan diambil pemerintah setempat. Sejauh ini telah dilakukan pertemuan dengan pihak terkait, baik per orangan, kelompok, maupun dengan Kapolda Papua, dan menghasilkan beberapa kesepakatan.

"Pertama konsilidasi, yang berujung pembayaran kepala dan perdamaian perang secara adat, kedua rekonsilisasi komprehensif, rekonstruksi, rehabilitasi pembangunan kantor yang sudah dibakar massa dan fasilitas kantor yang dijarah. Misalnya alat kerja dan lainnya," ujarnya.

Ia menyatakan, pihaknya akan merangkul semua pasangan calon kepala daerah di wilayah itu, termasuk pasangan kandidat nomor urut 2, Yulius Yapugau-Yunus Kalabetme.

"Kami sudah sampaikan itu, supaya mereka ambil bagian dalam pembangunan ke depan. Menyelesaikan perdamaian ini bukan hal baru untuk kami," katanya.

Menurutnya, ketika ia dan Yan Kobogayau terpilih, 2012 lalu, terjadi hal serupa. Namun pihaknya berupaya menciptakan perdamaian dan dalam pelantikan pejabat eselon, sejumlah lawan politik yang mengajukan gugatan ke MK, dilantik menempat beberapa jabatan di kabupaten itu.

"Kami sedang komunikasi dengan pihak keamanan, kapolda akan memediasi kami untuk bicara dengan tim pasangan calon nomor urut 2, bagaimana penyelesaiannya, karena ada empat korban jiwa dari massa mereka," ucapnya.

Katanya, adat di Intan Jaya, harus bayar kepada kepada korban meninggal dunia, dan itu akan dilakukan. Kemudian akan disepakati kapan ritual perdamaiannya

"Dari kelompok kami, korban meninggal dua orang dan kami sudah selesaikan bayar kepalanya. Sekarang tinggal perdamaian. Memang ini akan bermuara pada anggaran, meski APBD dipangkas karena PSU, namu demi perdamaian, pemulihan pemerintahan dan pelayanan masyarakat, pemerintah akan berkoordinasi dengan DPRD," ucapnya.

Wakil Ketua I DPRD Intan Jaya, Yakop Labene menyatakan, kini persaingan politik di Intan Jaya telah berakhir pascaputusan MK. "Semua harus bersatu membangun Intan Jaya. Untuk proses perdamaian, kami DPRD siap mendorong dari sisi penganggaran dalam APBD perubahan," kata Yakop. (*)

loading...

Sebelumnya

Kaway pesimis jalan Trans Papua dimanfaatkan masyarakat

Selanjutnya

Natan: berantas buta aksara di Papua butuh pendekatan kontekstual

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe