Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Domberai
  3. TNI-AD waspadai migrasi WNA di Papua Barat
  • Minggu, 17 September 2017 — 17:07
  • 1977x views

TNI-AD waspadai migrasi WNA di Papua Barat

Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI-AD) melakukan pengawasan secara kontinu atas kehadiran warga negara asing (WNA) di wilayah Provinsi Papua Barat.
Puluhan warga Filipina yang dideportasi Imigrasi Papua Barat, beberapa waktu lalu - Jubi
ANTARA
redaksi@tabloidjubi.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Manokwari, Jubi/Antara - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI-AD) melakukan pengawasan secara kontinu atas kehadiran warga negara asing (WNA) di wilayah Provinsi Papua Barat.

Kepala Staf Daerah Militer (Kasdam) XVIII/Kasuari Papua Barat, Brigjen Dedy Sambowo, di Manokwari, Sabtu (16/9/2017), mengatakan bagi TNI pengawasan WNA merupakan tugas pokok tidak hanya dilakukan di Papua Barat.

Dia menjelaskan Indonesia adalah negara yang berada di wilayah garis khatulistiwa sehingga menjadikan negara yang subur.

"Kondisi ini menjadikan Indonesia target migrasi. Diprediksikan ke depan akan ada migrasi besar-besaran warga asing ke Indonesia," katanya.

Menurutnya, Papua secara keseluruhan dikenal sebagai daerah yang kaya dengan potensi sumber daya alam, baik darat maupun laut, sehingga daerah wajib waspada dan harus melakukan langkah antisipasi sejak dini.

Kodam Kasuari, kata dia, terus mengoptimalkan peran satuan intelijen dan teritorial dalam pengawasan di setiap daerah.

"Panglima TNI menyampaikan, ada yang disebut bahaya kuning. Kami yang berada di daerah terus waspada ada maupun tidak ada perintah pengawasan terus kami lakukan. Bagi kami ini ada tugas pokok TNI," katanya lagi.

Dedy mengemukakan pada salah satu daerah di Indonesia warga asing dari China sudah bercocok tanam. Mereka mengembangkan tanaman cabai di lokasi tersebut.

Papua Barat patut waspada, menurutnya, karena ada kegiatan lain melibatkan warga asing yang belum terpantau secara baik. Karena itu, seluruh elemen diharapkan bekerjasama secara sinergis.

Anggota Panitia Khusus (Pansus) Tenaga Kerja Asing Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI), I Kadek Arimbawa, pada pertemuan bersama Wakil Gubernur Papua Barat, Mohammad Lakotani, di Manokwari, Kamis (14/9/2017) pekan lalu, mengatakan jumlah investor mancanegara yang masuk di daerah tersebut terus bertambah.

Kehadiran warga negara asing (WNA) ke wilayah Provinsi Papua Barat diprediksi akan terus meningkat seiring meningkatnya program pembangunan di daerah tersebut.

Disisi lain, katanya, pemerintah baik pusat maupun daerah terus menggenjot pengembangan sektor pariwisata. Jumlah wisatawan mancanegara akan terus bertambah, begitupun tenaga kerja asing.

"Semangat warga asing ke Papua tentu akan terus meningkat. Ini akan menjadi tantangan bagi daerah ke depan," kata Kadek.

Menurutnya, Papua Barat membutuhkan sebuah regulasi yang mengatur tentang prioritas penggunaan tenaga kerja lokal. Disisi lain, pengawasan harus diperketat untuk mengantisipasi penyalahgunaan visa atau izin kunjungan warga asing.

Dia mengutarakan pemerintah pusat telah mengeluarkan kebijakan bebas visa untuk memacu peningkatan jumlah wisatawan. Pihaknya tak ingin kebijakan tersebut dimanfaatkan para investor untuk menyelundupkan tenaga kerja ilegal.

Kadek menjelaskan kehadiran Pansus DPD RI ke Manokwari untuk menggali kendala daerah dalam melakukan pengawasan orang asing.

"Kami tidak hendak mencari kesalahan pemerintah pusat maupun daerah. Kami mau tahu kendala di daerah terutama dalam hal pengawasan, diharapkan tidak ada tumpang tindih antara pusat dan daerah," sebutnya.

Pemerintah pusat, lanjutnya, telah memberi kewenangan kepada daerah untuk melakukan pengawasan warga asing. Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) pun telah terbentuk di hampir setiap daerah.

Diharapkan, seluruh instansi yang tergabung dalam timpora bekerja secara sinergi sehingga pengawasan berlangsung optimal. (*)

 

loading...

Sebelumnya

Raja Ampat tuan rumah pameran Otsus 2017

Selanjutnya

Sorong Selatan juara umum Pesparawi XII Kaimana

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe