Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Jayapura Membangun
  3. Kabupaten Jayapura punya lembaga pemberdayaan masyarakat
  • Senin, 18 September 2017 — 15:23
  • 797x views

Kabupaten Jayapura punya lembaga pemberdayaan masyarakat

LPM yang dibentuk pusat hingga ke daerah di seluruh Indonesia itu mengacu Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 5 tahun 2016, tentang pedoman pemberdayaan masyarakat desa.
Ketua dan Sekretaris LPM Kabupaten Jayapura usai wawancara di Sentani. Jubi / Engel Wally
Engelbert Wally
engellenny2509@gmail.com
Editor : Edi Faisol

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Sentani,Jubi - Kabupaten Jayapura kini punya Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) yang diharapkan mampu menyusun program pembangunan berbasis partisipatif  masyarakat.  LPM yang dibentuk pusat hingga ke daerah di seluruh Indonesia itu mengacu Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 5 tahun 2016, tentang pedoman pemberdayaan masyarakat desa.

“Kami telah dilantik bersamaan dengan pengurus Provinsi pada Bulan Agustus lalu. Saat ini untuk Kabupaten Jayapura sedang rekrutmen badan pengurus yang akan dilantik pada bulan Oktober mendatang,” kata Ketua LPM, Kabupaten Jayapura, Gustaf Griapaon, Senin 18/9/2017.

Menurut Gustaf, tujuan lembaga ini menyusun program pembangunan berbasis partisipatif swadaya dan gotong royong masyarakat.  “Dulu lembaga ini namanya lembaga pemberdayaan masyarakat kampung, tetapi sejalan waktu lembaga ini mengalami perubahan menjadi LPM,” kata Gustaf menambahkan.

Lembaga itu akan disusun strukturnya hingga ke masing-masing kampung di Kabupaten Jayapura. Dari sisi aturan aturan lembaga itu akan menjadi alat kontrol proses pembangunan yang dilaksanakan di setiap kampung.

Secara prinsip LPM mengembalikan sistem kerja sama dan gotong royong masyarakat yang berpartisipasi di semua aspek pembangunan Pemerintah daerah Kabupaten Jayapura.

Sekretaris LPM Kabupaten Jayapura, Obet Kromsiang mengaku sedang menyusun semua kelengkapan serta struktur organisasi yang akan ditempatkan di tingkat Distrik dan Kampung.

“Lembaga ini sebenarnya sudah ada sebelum masa orde baru. Kemudian kementerian desa melihat kembali apa yang menjadi kebutuhan masyarakat, maka terbentukalah LPM,” kata Obet.

Menurut dia, perangkat organisasi LPM ada hingga di setiap kampung, harapanya benar-benar membantu masyarakat dan mengontrol sistem pembangunan yang dilakukan.

loading...

Sebelumnya

Tokoh masyarakat: Daerah ini harus bebas dari minuman beralkohol

Selanjutnya

Lima kampung ini terima fasilitas internet

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe