Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Meepago
  3. Bantuan asing diminta merata
  • Senin, 18 September 2017 — 17:42
  • 797x views

Bantuan asing diminta merata

“Bila bantuan tersebut benar- benar mau membantu orang Papua dan hendak memecahkan persoalan, maka semestinya mereka harus bijak menentukan daerah sasaran,”
Ilustrasi, HUT Bank Papua ke-49, Serahkan Dana Bantuan Pembangunan Sarana Ibadah
Abeth You
abethamoyeyou@gmail.com
Editor : Edi Faisol

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Jayapura, Jubi - Bantuan organisasi dari luar negeri untuk Provinsi Papua dianggap tumpang tindih dan terfokus pada wilayah tertentu saja.  Bantuan luar yang selama ini disalurkan seperti United States Agency for International Development (USAID) dan Australian Agency International Development (AUSAID) serta beberapa organisasi  lain seharusnya disalurkan secara merata.

“Bila bantuan tersebut benar- benar mau membantu orang Papua dan hendak memecahkan persoalan, maka semestinya mereka harus bijak menentukan daerah sasaran,” kata Andrias Gobay, tokoh intelektual dari Dogiyai, Senin (18/9/2017).

Andias meminta agar bantuan hanya memfokuskan pada daerah tertentu yang kadang justru dianggap tidak terlalu banyak masalah dan secara kemajuan sudah cukup mapan. “Ini bisa dikatakan deskriminasi,” ujar Andrias Gobay menambahkan.

Ia menyarankan mestinya bantuan masuk ke wilayah yang punya persoalan sosial  tinggi. Andrias mencontohkan  persoalan epidemi HIV?AIDS di Papua misalnya masih belum terjangkau secara mendalam. Di antaranya  wilayah adat Meepago yang menduduki urutan teratas.

Hal itu bertolak belakang dengan bantuan  USAID Amerika yang hanya sampai di Jayapura dan Wamena. “Dari dulu hingga sekarang seperti itu ,” katanya.

Kondisi itu tak sesuai jika dibandingkan dengan aktivitas  perusahaan Amerika yang mengeruk segala kekayaan emas hingga tambang komoditas tambang lain di gunung milik masyarakat Meepago.

Direktur Yapkema Papua, Hanok Herison Pigai mengatakan, USID adalah badan independen dari pemerintahan Amerika Serikat yang bertanggungjawab atas bantuan untuk bidang ekonomi, pembangunan dan kemanusiaan untuk negara-negara lain di dunia.

Hal itu juga belaku bagi  lembaga lain yang meningkatkan kehidupan di negara-negara berkembang dalam menjalankan programnya. “Salah satu bentuknya adalah dengan memberikan beasiswa kepada warga,” kata Hanok.

Bantuan lain di antaranya  penguatan layanan kesehatan, pemberdayaan ekonomi dan bantuan penguatan tenaga pendidik.

Sebelumnya

Pengurus caretaker PUK Freeport dilantik

Selanjutnya

LSM pemantau keuangan hadir di Intan Jaya

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe