Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Nabire Membangun
  3. Retribusi parkir di RSUD Nabire sudah sesuai aturan
  • Rabu, 20 September 2017 — 10:02
  • 633x views

Retribusi parkir di RSUD Nabire sudah sesuai aturan

Kepala Badan Layanan Pajak dan Retribusi Daerah Kabupaten Nabire, Ganis K, mengatakan retribusi yang dipungut pihaknya pada areal parkir Rumah Sakit Umum Daerah Nabire (RSUD) telah sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku.
Areal parkir di RSUD Nabire - Jubi/Titus Ruban
Titus Ruban
titus@tabloidjubi.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Nabire, Jubi - Kepala Badan Layanan Pajak dan Retribusi Daerah Kabupaten Nabire, Ganis K, mengatakan retribusi yang dipungut pihaknya pada areal parkir Rumah Sakit Umum Daerah Nabire (RSUD) telah sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku.

"Ini sesuai dan mengacu pada undang-undang yang berlaku. Jadi kita menambah lagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) di areal parkir RSUD," kata Ganis, saat ditemui Jubi, Senin (18/9/17).

Dikatakannya, retribusi mengacu pada UU No. 28  tentang Pajak yang di dalamnya ada retribusi parkir. Peraturan ini diperkuat dengan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Nabire No. 4 tahun 2010 tentang Pajak Daerah serta Peraturan Bupati (Perbub).

"Ada juga MoU dengan merujuk pada UU yang ada maka dibuatlah MoU. jadi yang termasuk kategori parkir adalah semua pelayanan yang masuk mata jalan atau parkir yang disediakan oleh pihak swasta maupun pemerintah yang dikenakan biaya parkir," tuturnya

Menurutnya, retribusi parkir di RSUD tersebut sudah digodok sejak 2016 hanya saja baru dijalankan sekarang.

“Penarikan retribusi parker di RSUD Nabire sejak Maret lalu, hanya petugas kami baru diarahkan ke sana sekarang.  Kami lakukan sesuai aturan yakni mengacu pada UU dan Perda dan tidak asal bekerja dan menarik retribusi. Ada juga MoU dengan pihak rumah sakit atas seizin Bupati dan dibuat berdasarkan peraturan yang ada," ujarnya.

Selain itu, kata Ganis, pelayanan bukan hanya di dalam RS yang diutamakan tetapi diluar juga harus ada pelayanan di areal rumah sakit, di tata dengan baik, ada letak lahan parker, maka disitulah retribisi ditegakkan dan muaranya masuk kas daerah.

Sekretaris Badan Layanan Pajak dan Retribusi Daerah Kabupaten Nabire, Fatmawati, menambahkan tujuan diberlakukannya retribusi parker di areal RSUD Nabire adalah untuk mengontrol kendaraan yang keluar masuk di areal  tersebut dan memberikan rasa aman bagi masyarakat.

"Kita ingin menciptakan rasa aman bagi warga yang datang kesana, mengurangi maraknya kehilangan kendaraan dan helm. Ada aturan menyatakan ketika parkir di wilayah pemerintah atau tepi jalan tetap dikenakan biaya parkir. Selain itu juga dapat meningkatkan PAD," tuturnya.

Fatmawati mengatakan pihaknya berharap dengan adanya petugas resmi di lapangan bisa mengurangi keluhan masyarakat terutama kehilangan kendaraan bermotor roda dua dan helm.

“Selain itu pengaturan parkirnya juga jelas yakni ada tempat untuk parkir petugas Rumah Sakit, ada parkir untuk masyarakat, jadi terarah. Kita telah melakukan studi banding dan biasanya kalau di daerah lain bekerjasama dengan pihak ke tiga sementara kita belum ke arah tersebut ,” katanya menambahkan.  (*)

 

loading...

Sebelumnya

Dua perusahaan ini ditolak di Nifasi

Selanjutnya

Dinas Perpustakaan dan Arsip Nabire akan bagi buku ke sekolah-sekolah

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe