Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Dunia
  3. Tetap bermusuhan, Korsel beri bantuan kemanusiaan ke Korut
  • Kamis, 21 September 2017 — 18:38
  • 668x views

Tetap bermusuhan, Korsel beri bantuan kemanusiaan ke Korut

Kami secara konsisten mengatakan kami akan memberikan bantuan kemanusiaan untuk Korea Utara dengan pertimbangan kondisi buruk anak-anak dan wanita hamil di sana, terpisah dari isu politik,
Aktivitas nuklir Korut dalam beberapa waktu belakangan memperburuk situasi di Semenanjung Korea. KCNA via REUTERS/Jubi
Editor : Syam Terrajana

Papua No. 1 News Portal I Jubi

Seoul, Jubi - Korea Selatan menyetujui rencana bantuan senilai US$8 juta atau setara Rp106 miliar untuk Korea Utara, di tengah peringatan China bahwa krisis di Semenanjung Korea itu terus memburuk.

Menteri Luar Negeri Korut menyamakan Presiden Amerika Serikat Donald Trump dengan “anjing menggonggong” pada Kamis (21/9), setelah Trump mengancam akan menghancurkan Korut dalam pidato perdananya di depan Sidang Majelis Umum PBB sehari sebelumnya.

Donald Trump memberikan peringatan keras kepada Korea Utara terkait uji coba senjata nuklir dan rudal balistik.

Peringatan ini disampaikan dalam pidato perdana di sidang majelis umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ke-72 di Markas Besar PBB, New York, Selasa, 19 September 2017.

Menurut Trump, langkah Korea Utara itu menjadi ancaman untuk keamanan dunia.

"Amerika Serikat memiliki kekuatan dan kesabaran” kata Trump. Namun jika terpaksa harus mempertahankan diri dan membela sekutunya, Amerika bisa melakukan tindakan tegas. “Kami tidak memiliki pilihan selain menghancurkan Korea Utara secara total.”

Donald Trump mengancam akan menyerang Korea Utara. Bagi Trump, serangan militer Amerika Serikat ke Korea Utara menjadi opsi yang tidak dapat dihindari. Sebab perilaku buruk Korea Utara harus dihentikan.

Insiden saling ancam Washington dan Pyongyang ini, memperparah situasi panas yang diakibatkan oleh aktivitas nuklir Korut.

Bagi Korsel sendiri, keputusan untuk mengirimkan bantuan ke Korut bukanlah sesuatu yang populer. Terbukti, perihal bantuan ini berakibat turunnya popularitas Presiden Korsel Moon Jae. Meski begitu, Kementerian Unifikasi Korsel mengatakan kebijakan bantuan mereka tidak akan terperngaruh oleh tensi geopolitik dengan Korut.

“Kami secara konsisten mengatakan kami akan memberikan bantuan kemanusiaan untuk Korea Utara dengan pertimbangan kondisi buruk anak-anak dan wanita hamil di sana, terpisah dari isu politik,” kata Menteri Unifikasi Cho Myong-gyon.

Korsel mengatakan akan mengirimkan bantuan makanan senilai US$4,5 juta untuk anak-anak dan wanita hamil lewat badan PBB Program Pangan Dunia (WFP) dan US$3,5 juta vaksin dan obat-obatan lewat UNICEF.

“Hari ini, kami memperikarakan sekitar 200 ribu anak-anak terdampak malnutrisi akut, meningkatkan risiko kematian,” kata Direktur Regional UNICEF untuk Asia Timur dan Pasifik, Karin Hulshof. “Makanan dan obat-obatan dan peralatan penting untuk anak-anak persediaanya terbatas.(*)

Sumber: CNN Indonesia/ Tempo.co

 


 


 


 


 

loading...

#

Sebelumnya

Dubes Myanmar menjawab persoalan Rohingya

Selanjutnya

Junta Militer Thailand masih ingin berkuasa

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe