Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Penkes
  3. Angka penderita HIV/AIDS di Jayawijaya tembus 6.300
  • Kamis, 21 September 2017 — 20:10
  • 1385x views

Angka penderita HIV/AIDS di Jayawijaya tembus 6.300

"Semakin banyak angka yang kami temui, semakin banyak pula yang bisa diberikan penanganan atau pertolongan," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Jayawijaya, Yohanes Walilo, saat memimpin rapat bersama KPA dan sejumlah LSM di Sasana Wio, kantor Bupati Jayawijaya, Rabu (20/9/2017).
Rapat kerja bersama KPA dan LSM - Jubi/Islami
Islami Adisubrata
islami@tabloidjubi.com
Editor : Galuwo

Papua No. 1 News Portal I Jubi

Wamena, Jubi – Penderita HIV/AIDS di Kabupaten Jayawijaya tembus 6.300 orang dalam kurun waktu dua tahun terakhir. Para penderita yang mencapai ribuan itu, kini mendapat pertolongan melalui pendampingan dan pemberian obat antiretroviral (ARV).

"Semakin banyak angka yang kami temui, semakin banyak pula yang bisa diberikan penanganan atau pertolongan," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Jayawijaya, Yohanes Walilo, saat memimpin rapat bersama Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) dan sejumlah LSM di Sasana Wio, kantor Bupati Jayawijaya, Rabu (20/9/2017).

Diakui Sekda, untuk mendukung penanganan dan pencegahan penyebaran HIV/AIDS, pemerintah Jayawijaya memberikan bantuan dana kepada KPA sebesar Rp2 miliar pada tahun ini.

"Minggu depan dana itu sudah dicairkan, agar teman-teman bisa menggunakan dana itu untuk beberapa bulan ke depan, sesuai program kerja yang dibuat," katanya.

Ia menambahkan, melalui sosialisasi rutin kepada masyarakat, telah terjadi perubahan perilaku dari masyarakat untuk mendukung pencegahan penyebaran virus HIV/AIDS.

"Indikatornya, jika 3 atau 4 tahun lalu  kami memeriksa 100 orang, maka 10 hingga 20 orang di antaranya pasti positif terjangkit. Tapi sekarang dari 100 orang, hanya 2 hingga 5 orang yang terjangkit. Ini artinya kesadaran orang semakin baik akan bahaya HIV/AIDS, dan mudah-mudahan ke depan kesadaran semakin tinggi," katanya.

Sekda mengatakan, kerja sama penanganan HIV/AIDS tingkat kabupaten yang pernah dilakukan pada 2010 yakni Kabupaten Jayawijaya, Yalimo dan Nduga.

"Hal itu yang akan dibicarakan lagi. Harus ada kerja sama supaya pasien yang masuk di KPA Jayawijaya, kami bisa tangani walaupun itu pasien dari kabupaten lain. Karena yang namanya pasien, kami tidak bisa menolak," katanya.

Dari data yang dikeluarkan Dinas Kesehatan Provinsi Papua sendiri, kasus HIV di Jayawijaya per Juni 2018 mencapai 1.484 kasus, AIDS 3.809 dengan total 5.293 kasus.

Sementara Ketua LSM Yukemdi, Pdt. Yoram Yogobi, yang ikut menangani HIV/AIDS di Jayawijaya mengatakan pihaknya sejauh ini sudah melaksanakan tugas kampanye dan pendampingan sejak Januari 2017.

"Dana yang disiapkan pemerintah Jayawijaya sebesar Rp2 miliar akan dibagikan kepada pegiat HIV/AIDS di Jayawijaya, dan dari kami, Yukemdi, sudah siap untuk melakukan kegiatan kampanye penyebaran informasi, pendampingan dan penguatan," katanya.

Salah satu tokoh agama di Jayawijaya, Pastor Jhon Djonga, yang juga hadir dalam rapat bersama KPA menyebutkan, sebagai orang gereja dirinya mengharapkan dan mengimbau agar mereka yang diduga sebagai penderita bisa melakukan pemeriksaan, dan jika positif harus serius meminum obat ARV.

“Saya selama ini membangun relasi dengan kelompok anak-anak muda dalam gereja. Saya tidak yakin dengan pernyataan bahwa penularan HIV/AIDS karena seks bebas, ini karena secara umum dalam adat ada salah kaprah yang mana ketika mereka berpacaran langsung melakukan hubungan seks. Ini bukan saja persoalan kurang sosialisasi ajaran agama, tapi karena runtuhnya nilai-nilai adat yang sebelumnya tidak memilki aturan begitu,” sampainya. (*)

loading...

Sebelumnya

Dinas Pendidikan Jayawijaya terus tingkatkan PKP-SPM

Selanjutnya

Mahasiswa Paniai di Jayapura terima dana studi akhir

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe