Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Lapago
  3. Empat daerah terisolasi, kini bisa dijangkau penerbangan
  • Jumat, 22 September 2017 — 19:04
  • 1203x views

Empat daerah terisolasi, kini bisa dijangkau penerbangan

"Terkait angkutan perintis kargo, dari anggaran yang turun itu ada alokasi untuk Anggolok dan sudah dilakukan peninjauan ke lokasi tersebut," katanya, Jumat (22/9/2017).
Aktivitas di Bandara Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua. - Antara
ANTARA
redaksi@tabloidjubi.com
Editor : Galuwo

Papua No. 1 News Portal I Jubi

Wamena, Jubi  - Masyarakat di empat lokasi atau daerah terisolasi di pegunungan tengah, Papua, kini bisa bernapas lega. Baru-baru ini Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan mengumumkan akan membuka penerbangan perintis kargo ke empat daerah tersebut.

Kepala Unit Pelayanan Bandar Udara (UPBU) Kelas I Wamena, Rasburhany, mengatakan empat lokasi yang dijangkau penerbangan perintis kargo tersebut yakni dua lokasi di Distrik Trikora, Kabupaten Jayawijaya (kampung Anggolok dan pusat distrik), Distrik Mapenduma di Kabupaten Nduga, dan Distrik Mugi di Kabupaten Yahukimo.

"Terkait angkutan perintis kargo, dari anggaran yang turun itu ada alokasi untuk Anggolok dan sudah dilakukan peninjauan ke lokasi tersebut," katanya, Jumat (22/9/2017).

Menurut dia, pihak Bandara Wamena masih menunggu peraturan yang dikeluarkan oleh Kementerian Perdagangan terkait barang-barang apa saja yang akan diangkut ke empat daerah tersebut.

"Setelah peraturan itu dikeluarkan, selanjutnya kami dari bandara akan melakukan lelang terkait maskapai mana yang akan mengangkut kargo ke sana," katanya.

Walau penerbangan kargo ini belum dilakukan, Rasburhany memastikan kegiatan penerbangan lain bisa dilakukan, misalnya masyarakat yang hendak menyewa pesawat bisa melakukan penerbangan ke sana.

Sebelumnya pemerintah Jayawijaya mendorong peran sektor perhubungan udara dan darat untuk membuka daerah-daerah terisolasi di kawasan pedalaman.

Asisten I Sekda Kabupaten Jayawijaya, Tinggal Wuson,  mengatakan kontribusi sektor perhubungan terhadap pembangunan semakin baik.

"Kami yakin dan percaya teman-teman yang sudah melakukan tugas selama ini dengan baik tetapi harapan kami terus ditingkatkan, mengingat kita Jayawijaya dan pegunungan Papua terus menanti bagaimana sektor perhubungan punya andil untuk membuka isolasi daerah," kata Tinggal Wusono usai memimpin upacara peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2017 di Halaman Kantor Bupati Jayawijaya.

Melalui kontribusi perhubungan, Tinggal percaya beberapa daerah di Jayawijaya yang sebelumnya sulit dijangkau melalui jalur darat bisa dijangkau melalaui pelayanan udara.

"Dengan adanya keterbukaan daerah isolasi maka masyarakat kita akan terlayani dengan baik dalam hal pelayanan dasar," katanya. (*)

Sebelumnya

Sebelas pasang putra-putri Jayawijaya ikuti pemilihan duta pariwisata

Selanjutnya

FOPERA gelar aksi keprihatinan sosial Kabupaten Yahukimo

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe