Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Mamta
  3. Ini alasan perubahan APBD 2017 Kota Jayapura
  • Sabtu, 23 September 2017 — 15:17
  • 1454x views

Ini alasan perubahan APBD 2017 Kota Jayapura

Perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dapat dilakukan apabila terjadi perkembangan yang tidak sesuai dengan asumsi kebijakan umum pada APBD. Sidang paripurna digelar mengacu pada syarat normatif dilakukannya perubahan APBD secara realitas dalam pelaksanaan APBD tahun anggaran 2017. Pemerintah kota Jayapura memandang perlu dilakukan perubahan APBD tahun anggaran 2017.
Suasana setelah sidang paripurna di kantor DPRD kota Jayapura, Jumat (22/9/2017) - Jubi
Hengky Yeimo
yeimohengky@gmail.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Jayapura, Jubi - Perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dapat dilakukan apabila terjadi perkembangan yang tidak sesuai dengan asumsi kebijakan umum pada APBD. Sidang paripurna digelar mengacu pada syarat normatif dilakukannya perubahan APBD secara realitas dalam pelaksanaan APBD tahun anggaran 2017. Pemerintah kota Jayapura memandang perlu dilakukan perubahan APBD tahun anggaran 2017.

Hal itu disampaikan Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano, dalam Sidang Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Jayapura, yang digelar di kantor DPRD Kota Jayapura, Jumat (22/9/2017).

Tomi Mano mengatakan keadaan yang menyebabkan harus dilakukan pergeseran anggaran antar unit organisasi antara kegiatan dan antar jenis belanja. Keadaan yang menyebabkan saldo anggaran lebih tahun sebelumnya harus digunakan dalam tahun berjalan.

"Karena keadaan darurat dan keadaan luar biasa sehingga dalam siklus pengelolaan keuangan daerah secara normatif dimungkinkan dilakukannya perubahan anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran berjalan," kata Benhur Tomi Mano.

Hal ini berkaitan dengan terjadinya eskalasi terhadap beberapa estimasi target penerimaan daerah yang telah ditetapkan dalam induk APBD tahun anggaran 2017 yakni target penerimaan dana perimbangan seperti dana bagi hasil pajak dan sumber daya alam, dana alokasi umum, maupun dana alokasi khusus.

"Kemudian dilakukan beberapa penyesuaian pada struktur plafon belanja daerah yang dianggap urgen dan mendesak terutama pada plafon belanja tidak langsung terkait dengan belanja gaji dan tunjangan maupun plafon beberapa kegiatan pada belanja langsung serta menganggarkan kembali sisa lebih perhitungan (silpa) tahun anggaran 2016 dalam struktur belanja daerah juga melakukan penyesuaian pada struktur pembiayaan daerah," kata Benur Tommy Mano.

Pemerintah kota Jayapura, kata Mano, sedang menghadapi masa-masa sulit dalam mengimplementasi agenda kerja tahun anggaran 2017.

"Ini implikasi dari pusat sehingga kita diharuskan mengambil langkah-langkah strategis untuk mengatasi turbulensi struktur anggaran pendapatan daerah secara bijak dan hati-hati dengan cara mendesain kembali estimasi perencanaan program dan perencanaan anggaran yang telah ditetapkan pada struktur APBD induk pada tahun anggaran 2017, sehingga dapat menjaga kondisi kapasitas fiskal dan kebutuhan fiskal daerah sebagaimana yang telah diformulasikan dalam rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) pemerintah kota Jayapura tahun anggaran 2017," katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah kota Jayapura, Mathelda Yakadewa, mengatakan secara sederhana perubahan APBD dapat diartikan sebagai upaya pemerintah daerah untuk menyesuaikan rencana keuangan dengan perkembangan yang terjadi berdasarkan peraturan pemerintah tentang pengelolaan keuangan daerah yang menegaskan bahwa perubahan APBD hanya dapat dilakukan satu kali dalam satu tahun anggaran kecuali dalam keadaan luar biasa yang menyebabkan estimasi penerimaan atau pengeluaran dalam APBD mengalami kenaikan atau penurunan lebih besar dari 50 persen.

"Perkembangan dimaksud bisa berimplikasi pada meningkatnya anggaran penerimaan maupun pengeluaran," katanya. (*)

 

Sebelumnya

Ini jumlah total APBD-P 2017 Kota Jayapura

Selanjutnya

Meirto Tangkepayung Ketua IJTI Papua periode 2017-2020

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe