Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Ekonomi
  3. Disperindag Biak bentuk UPTD Metrologi
  • Minggu, 24 September 2017 — 12:50
  • 489x views

Disperindag Biak bentuk UPTD Metrologi

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Biak Numfor akan membentuk Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Metrologi Legal untuk mengelola tera alat ukur dan timbangan pedagang di kawasan Teluk Saereri.
Ilustrasi seorang petugas Disperindag sedang melakukan tera ulang timbangan digital – Jubi/IST
ANTARA
redaksi@tabloidjubi.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Biak, Jubi - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Biak Numfor akan membentuk Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Metrologi Legal untuk mengelola tera alat ukur dan timbangan pedagang di kawasan Teluk Saereri.

"Pembentukan UPTD Metrologi Legal agar ke depan bisa mandiri melaksanakan kegiatan tera dan tera ulang pemeliharaan alat ukur atau timbangan," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Biak (Kadisperindag), Widiarto, saat dihubungi di Biak, Minggu (24/9/2017).

Kadisperindag Widiarto menyebut sejauh ini Disperindag Biak sudah menyiapkan draf pembentukan UPTD Metrologi Legal.

Kesiapan pembentukan UPTD Metrologi Legal Biak, menurut Widiarto, mulai dari penyusunan rancangan peraturan Bupati hingga raperda sebagai payung hukumnya.

"Hingga sekarang Disperindag Biak masih menunggu keluarnya peraturan Bupati Biak untuk mendahului keluarnya perda dalam rangka menunjang operasional UPTD Metrologi Legal," ujarnya.

Untuk verifikasi di Kementerian Perdagangan (Kemendag) guna memperoleh Surat Keterangan Kelayakan Pelaksanaan Tera dan Tera Ulang (SKKPTU), menurut Widiarto, sedang dijajaki Disperindag Biak sebagai tanda legalitas kewenangan dari Kemendag untuk bisa melaksanakan tera ulang sendiri dimiliki Pemkab Biak Numfor.

Potensi pelayanan UPTD Metrologi Biak, lanjut Widiarto, sangat luas sebab akan menjangkau sejumlah kabupaten lain seperti Kabupaten Supiori, Waropen, Yapen Kepulauan, dan Kabupaten Mamberamo Raya.

Disinggung kesiapan sumber daya manusia (SDM) menunjang pembentukan UPTD Metrologi, menurut Widiarto, sudah ada dua petugas yang memiliki sertifikasi khusus diklat tera alat ukur dan diklat pengamat tera.

“Dengan otonomi daerah, kami ingin senantiasa meningkatkan pelayanan bagi para pelaku industri dan para pedagang dalam menguji kelayakan alat ukur atau timbangan pedagang,” katanya.

Sementara itu, pada pelaksanaan tera dan tera ulang berbagai macam peralatan dan jenis alat ukur, takar, timbang, serta perlengkapannya ini, Disperindag Kabupaten Biak Numfor bekerja sama dengan Balai Standarisasi Metrologi Legal (BSML) Regional Makassar, Sulawesi Selatan.

Berdasarkan data keberadaan UPTD Metrologi legal di setiap kabupaten/kota di Indonesia sudah tertera dalam UU 23 Tahun 2014 tetang Kewenangan Metrologi. (*)

 

Sebelumnya

KKP bangun cold storage untuk nelayan Biak

Selanjutnya

BEI: Dana abadi untuk beli saham Freeport

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe