Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Berita Papua
  3. Dinas tanaman pangan diminta tingkatkan produksi
  • Minggu, 24 September 2017 — 16:31
  • 717x views

Dinas tanaman pangan diminta tingkatkan produksi

Dorongan itu sengaja dilakukan untuk mengurangi ketergantungan dari daerah lain.
Petani saat memanen padi - Dok Jubi
Alexander Loen
Editor : Edi Faisol

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Jayapura, Jubi - Sekretaris Daerah Papua Hery Dosinaen, meminta Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura terus meningkatkan produksi pangan. Dorongan itu sengaja dilakukan untuk mengurangi ketergantungan dari daerah lain.

"Saya inginkan komitmen dan kerja keras kita semua baik di provinsi maupun kabupaten dan kota,” kata Hery, belum lama ini.

Kerja keras yang ia maksud adalah seluruh satuan kerja perangkat kerja daerah (SKPD-OPD) yang menangani langsung tanaman pangan, harus bisa menyiapkan bahan makanan untuk masyarakat Papua.

Ia beharap komoditas strategis nasional seperti beras, jagung, kedelai, cabai dan bawang, secara bertahap mampu memenuhi kebutuhan masyarakat Papua.

“Dengan kebijakan menetapkan Merauke sebagai lumbung pangan khususnya beras, diharapkan bisa menjadi distributor beras bagi Papua,"katanya.

Namun yang lebih penting, kata Hery, instansi yang berkorelasi langsung dengan pertanian, perkebunan maupun peternakan harus bisa melihat kondisi objektif masyarakat.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Papua, Semuel Siriwa mengaku sampai hari ini Papua masih bergantung tanaman pangan dan hortikultura dari luar.

“Kondisi pangan kita sampai hari sebagian besar masih dari luar Papua, kecuali beberapa komoditas seperti ubi jalar yang sudah bisa kami siapkan secara swasembada,” kata Siriwa.

Menurut dia, beberapa komoditas yang masih dibawa dari luar Papua seperti kedelai, jagung serta beberapa komoditas seperti kacang-kacangan. Namun untuk beras, pihaknya sudah mampu menyediakan 58 persen produksi padi untuk kebutuhan Papua.

"Ini sesuai kebijakan Gubernur Papua, bagaimana beras dari Merauke sampai ke Utara Papua," ujarnya. (*)

 

loading...

Sebelumnya

Nicholaus : Diklatpim bukan formalitas birokrasi

Selanjutnya

Meriahkan HUT ke-21, LEMASA selenggarakan beragam lomba

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Populer
Polhukam |— Jumat, 18 Mei 2018 WP | 3077x views
Pengalaman |— Minggu, 13 Mei 2018 WP | 1228x views
Polhukam |— Jumat, 18 Mei 2018 WP | 1193x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe