Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Mamta
  3. Penghuni panti jompo Pos VII Sentani keluhkan tempat tinggal dan air bersih
  • Senin, 25 September 2017 — 18:06
  • 201x views

Penghuni panti jompo Pos VII Sentani keluhkan tempat tinggal dan air bersih

Warga penghuni panti jompo Pos VII Sentani Kabupaten Jayapura mengeluhkan kondisi panti yang memprihatinkan. Bangunan panti yang di beberapa bagian mulai rapuh tapi belum ada rencana renovasi, kebutuhan air bersih yang sering tidak terpenuhi, dan faktor keamanan panti juga menjadi masalah.
Nene dan tete penghuni Panti Jompo Pos VII Sentani Kabupaten Jayapura, saat bertatap muka bersama Komisi V DPR Papua, beberapa waktu lalu - Jubi/Yance Wenda
Yance Wenda
yan_yance@ymail.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Sentani, Jubi - Warga penghuni panti jompo Pos VII Sentani Kabupaten Jayapura mengeluhkan kondisi panti yang memprihatinkan. Bangunan panti yang di beberapa bagian mulai rapuh tapi belum ada rencana renovasi, kebutuhan air bersih yang sering tidak terpenuhi, dan faktor keamanan panti juga menjadi masalah.

Dari pantauan Jubi yang mendatangi panti tersebut Minggu (24/9/2017) sore, para penghuni panti duduk-duduk di depan wisma diterangi penerangan yang hanya remang-remang. Mereka duduk sambil mengunyah buah pinang sembari melihat orang-orang yang datang.

Di beberapa bagian wisma tampak sudah rusak dan perlu segera diperbaiki. Kamar isolasi yang rusak parah, plafon kamar yang bocor, kayu sudah lapuk dan tripleks busuk, serta kaca-kaca berlubang banyak.

Rumah bagi pegawai panti sosial yang bertugas menjaga wisma pun sudah rusak di beberapa bagian dan perlu perbaikan. Pagar keliling wisma juga beberapa bagian rusak dan berdampak pada keamanan di panti.

Salah seorang penghuni panti, Jois Yorisetouw  (67), yang sudah tinggal di panti dari tahun 2003, mengatakan wisma yang ia tempati sudah rusak parah di bagian belakang dan di kamar juga ada yang bocor, plafonnya rusak parah, sehingga kamar tidak bisa lagi digunakan. Hanya barang yang tertinggal di kamar.

“Orang yang pertama tinggal di tempat ini juga masih tinggal dengan kamar bagian belakang yang plafonnya bocor. Baru tidak ada lampu, gelap kalo lagi di kamar mandi,” jelasnya.

Jois, perempuan asal Depapre itu juga menceritakan karena tidak adanya petugas keamanan di lingkungan panti tersebut membuat mereka tidur tidak nyaman apabila sudah mendengar teriakan orang mabuk di lingkungan panti.

“Orang mabuk kalau masuk wisma, mereka minta–minta uang ke kita, ke nene dan ke tete lagi. Jadi kalau sudah dengar mereka punya suara, kita diam saja di kita punya kamar, bikin kayak tidur, padahal ada takut,” kata Yorisetouw.

Ia juga mengatakan untuk pelayanan makan dan minum di wisma terjamin bagus. Namun kebutuhan penting seperti air untuk mandi dan mencuci yang sering menjadi kendala.

“Disini semua baik tapi air saja yang jadi masalah. PDAM sudah pernah pasang pipa tapi sampai sekarang air tra pernah mengalir. Kalau kita mau pake itu air yang ada di bak namun yang di bak itu juga kan sedikit,” kata Yusup Latulosa, penghuni panti asal Kupang.

Pria berumur 71 tahun ini sudah dua tahun menghuni panti Pos VII Sentani. Dia mengatakan banyak wisma yang rusak. Pihaknya pernah melaporkan semua kerusakan itu dan mengajukan kepada pemerintah untuk diperbaiki namun hingga kini belum juga ada realisasinya.

Untuk itu para penghuni panti ini berharap ada realisasi dari kunjungan yang dilakukan oleh lembaga terkait beberapa waktu lalu.

“Baru–baru ini ada kunjungan dari Komisi V DPR Papua. Kami sudah ajukan semua dan nanti ibu Ketua Komisi V yang katanya akan bicara dengan Dinas Sosial untuk dilakukan perbaikan disini. Moga-moga ibu itu tidak cuma omong besar tapi tidak ada realisasinya,” kata Yusup. (*)

 

Sebelumnya

BTM minta OPD kerja keras

Selanjutnya

Bakal blusukan monitor dana desa, Walkot Jayapura : tak ada ampun bagi penyeleweng

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe