Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Otonomi
  3. Penggunaan dana desa, Bupati Yahukimo : ada laporan uang untuk bersenang-senang
  • Senin, 25 September 2017 — 17:39
  • 414x views

Penggunaan dana desa, Bupati Yahukimo : ada laporan uang untuk bersenang-senang

Meski tak menjelaskan secara detail, ia menyebutkan laporan itu menunjukan dana desa dibuat senang-senang di Jakarta dan Jayapura.
Ilustrasi, penyalahgunaan dana desa, Jubi/Ist
Alexander Loen
alex@tabloidjubi.com
Editor : Edi Faisol

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Jayapura, Jubi- Bupati Yahukimo, Abock Busup , mengaku telah mendapat laporan dugaan pelanggaran pengunaan dana desa oleh kepala kampung. Meski tak menjelaskan secara detail, ia menyebutkan laporan itu menunjukan dana desa dibuat senang-senang di Jakarta dan Jayapura.

“Saya ada mendapat laporan ada kepala kampung yang bawa lari uang untuk senang-senang di Jakarta dan Jayapura," kata Abock, Senin (25/9/2017).

Abock mengaku siap menindak tegas kepala kampung yang kedapatan menyalahgunakan dana desa di wilayahnya. “Kalau memang ada kecurangan, maka tidak main-main kepala kampung kita proses hukum biar ada efek jera,” kata Abock menambahkan

Menurut dia, Pemkab Yahukimo telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Yahukimo Bangkit yang bertugas mengawal penyaluran dana desa di setiap kampung. Satgas itu sebagai pemberdayaan putra asli Yahukimo yang ditempatkan di setiap distrik mengawasi penggunaan dana desa.

Kehadiran Satgas membantu tim pengawas dari provinsi Papua mengawasi penyaluran dana desa. Ia menjamin jika ada kepala kampung ketahuan menyalahgunakan anggaran pasti akan diproses secara hukum. “Ini juga untuk menjadi pelajaran,” katanya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Provinsi Papua, Donatus Mote, mengakui masih  ada aparat pemerintahan di kampung yang salah menggunakan dana desa. Padahal dana ini di prioritas untuk membiayai pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di kampung.

“Aparat pemerintahan di kampung masih ada yang salah gunakan dana desa,” kata Donatus Mote.

Kondisi itu, menurut Mute, tak seusai dengan kegunaan utama dana desa yang yang seharusnya  untuk mengangkat kesejahteraan masyarakat Papua. “Namun juga bisa menimbulkan bahaya-bahaya lainnya bila pengawasan dan pendampingannya tidak optimal dilakukan,” kata Mute menambahkan .

Mute menyebutkan  Pemerintah Provinsi Papua sudah mengirim pendamping ke masing-masing kampung. “Oleh karena itu, aparat pemerintahan kampung harus manfaatkan pendamping  tersebut,” katanya. (*)

Sebelumnya

Tentang dana desa, Bupati Yahukimo siap tindak kepala kampung nakal

Selanjutnya

ASN berijazah palsu akan ditindak

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe