Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Polhukam
  3. Empat bulan, puluhan warga Samenage meninggal
  • Senin, 25 September 2017 — 18:07
  • 1090x views

Empat bulan, puluhan warga Samenage meninggal

"Pastor pasti punya data lengkap karena beliau komunikasi langsung dengan masyarakat. Saya yakin ini benar, tidak mungkin beliau ekspos kalau tidak benar," kata Natan, Senin (25/9/2017).
Anak-anak terlihat menunggu di depan Pustu Samenage yang ditutup - IST
Arjuna Pademme
harjuna@tabloidjubi.com
Editor : Galuwo

Papua No. 1 News Portal I Jubi

Jayapura, Jubi - Anggota Komisi V DPR Papua bidang kesehatan, Natan Pahabol, mengingatkan Pemerintah Provinsi Papua dan Kabupaten Yahukimo segera mengirim tim ke Distrik Saminage, guna memastikan informasi yang menyebut sebanyak 48 warga di distrik itu meninggal dunia sejak Mei hingga Agustus 2017, lantaran tidak mendapat pelayanan kesehatan.

Legislator Papua dari daerah pemilih Yahukimo, Yalimo dan Pegunungan Bintang itu mengatakan, ia hanya mengetahui dari media dan belum mendapat informasi langsung. Namun Natan yakin yang disampaikan Pastor Jhon Djonga di media, benar adanya. 

"Pastor pasti punya data lengkap karena beliau komunikasi langsung dengan masyarakat. Saya yakin ini benar, tidak mungkin beliau ekspos kalau tidak benar," kata Natan, Senin (25/9/2017).

Katanya, sebagai anak asli Yahukimo, ia prihatin dengan kondisi itu. Natan meminta Dinas Kesehatan Provinsi Papua dan Unit Percepatan Pembangunan Kesehatan Papua (UP2KP) mengirim tim investigasi ke lapangan. 

"Di mana tanggung jawab Dinas Kesehatan Yahukimo. Bupati juga segera turunkan tim dari kabupaten, untuk memastikan penyebab meninggalnya warga," ujarnya.

Menurutnya, sekecil apa pun informasi terkait kondisi masyarakat, pemerintah harus segera merespons. Jangan terkesan ada pembiaran.

"Ke mana 15 persen dana Otsus untuk kesehatan di daerah? Kepala distrik dan pihak terkait lainnya di distrik, jangan menutupi kalau terjadi masalah seperti ini, segera laporkan kepada pemerintah," katanya.

Tidak menutup kemungkinan lanjut Natan, seperti yang disampaikan Pastor Jhon Djonga bukan hanya terjadi di Saminage, namun juga distrik lain di kabupaten itu.

"Ini hampir sama dengan data tiga atau empat tahun lalu yang dikeluarkan Pastor Jhon Djonga, dan ternyata itu benar. Pemkab segera turunkan tim, kalau masalah rumit, teruskan ke pemprov dan pemerintah pusat," ucapnya.

Akhir pekan lalu, Pastor Jhon Djonga mengatakan, 48 warga Distrik Saminage, Kabupaten Yahukimo meninggal dunia, medio Mei-Agustus 2017, karena tidak mendapat pelayanan kesehatan, lantaran tidak adanya petugas medis di wilayah itu untuk melayani warga. 

“Ini kelalaian negara terhadap masyarakat dalam bidang pelayanan kesehatan yang terjadi di Samenage sejak Mei hingga Agustus 2017,”  kata Pastor Jhon Djonga, yang melakukan pelayanan di Samenage, kepada wartawan di Wamena, Sabtu (23/9/2017).

Ia menilai kondisi ini tidak hanya memalukan, tapi merugikan masyarakat Papua, karena layanan kesehatan merupakan tanggung jawab negara. Masyarakat dapat menggunggat negara terhadap kelalaiannya dalam bidang pelayanan publik yang tidak berjalan.

“Mengapa 48 orang itu meninggal, dari cerita masyarakat dan keluarga korban karena memang tidak ada petugas kesehatan selama berapa bulan,” ucapnya. 

Pastor Jhon Djonga mengaku telah melaporkan langsung ke bupati dan kepala dinas kesehatan pada Agustus, tetapi hingga kini belum ada reaksi. Tidak adanya tenaga medis membuat ia memberdayakan petugas gereja seperti  guru yang terpaksa memberikan informasi kesehatan kepada masyarakat.

Seorang guru relawan di Samenage, Christian juga mengaku pelayanan pendidikan dan kesehatan di daerah itu tidak berjalan baik. “Obat-obatan kurang, dokter tidak bertugas dengan baik dan jarang di tempat,” keluhnya. (*)

loading...

Sebelumnya

Bentrok warga di Yahukimo, Natan: jangan lagi Papua makan Papua

Selanjutnya

Kembali terjadi penembakan, sistem pengamanan Freeport dipertanyakan

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe