PapuaMart
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
  1. Home
  2. Meepago
  3. Bupati Mimika bergelimang emas, listrik dan air mahasiswanya tidak terlunasi
  • Senin, 17 Oktober 2016 — 14:48
  • 1386x views

Bupati Mimika bergelimang emas, listrik dan air mahasiswanya tidak terlunasi

“Saya harap Pemkab Mimika segera menyelesaikan masalah ini. Jangan sampai kondisi itu menggangu kosentrasi dan aktivitas mahasiswa/mahasiswa Mimika penghuni asrama," katanya.
Asrama mahasiswa Mimika di Waena, Kota Jayapura - Jubi/Simon Daisio
Arjuna Pademme
harjuna@tabloidjubi.com
Editor : Kyoshi Rasiey

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Jayapura, Jubi - Legislator Papua dari daerah pemilihan Mimika, Nabire, Deiyai, Dogiyai, Paniai dan Intan Jaya, Wilhelmus Pigai menyatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika mestinya bertanggungjawab terhadap fasilitas asrama Mahasiswa Mimika di Waena, Kota Jayapura. 

Tanggapan itu dilontarkan politisi Partai Hanura tersebut lantaran adanya keluhan mahasiswa Mimika yang menghuni Asrama Mimika terkait sejak dua bulan lalu listrik di asrama diputus lantaran pemkab setempat belum melunasi tagihan listrik. 

"Mestinya ini menjadi tanggungjawab Pemda Mimika. Ketika Pemda Mimika membangun asrama untuk putra/putri Mimika sebagai tempat tinggal mereka selama studinya, tentunya pemda juga harus bertanggungjawab atas fasilitas asrama, termasuk listrik dan air," kata Pigai via pesan singkatnya kepada Jubi, Senin (17/10/2016). 

Menurutnya, ada bagian dalam struktur pemda setempat yang mempunyai tugas memperhatikan dan mendukung kegiatan asrama. Tak hanya itu, ada anggaran untuk hal tersebut.  

“Asrama itu tempat dimana para anak didik, ditempa sehingga kedepan mereka menjadi generasi yang tidak hanya memiliki intelektualitas baik, namunjuga memiliki kepribadian yang bagus," ucapnya. 

Karena itu lanjut dia, Pemda Mimika tidak hanya membangun fisik bangunan, melainkan memiliki tanggung jawab yang besar mendidik, membina dan memperhatikan aktivitas dari di asrama tersebut.  

“Saya harap Pemkab Mimika segera menyelesaikan masalah ini. Jangan sampai kondisi itu menggangu kosentrasi dan aktivitas mahasiswa/mahasiswa Mimika penghuni asrama," katanya. 

Tak hanya listrik di Asrama Mimika yang diputus sejak dua bulan lalu. Fasilitas pendukung lain di asrama yakni air bersih juga terancam akan diputus pihak PDAM 17 Oktober 2016 lantaran tunggakan hampir setahun. Tunggakan air berkisar 12 bulan dengan total Rp.11 jutaan, sedangkan listrik asrama putra sekitar 11 bulan tunggakan, yang kesemuanya (air dan listrik) berjumlah Rp.40 jutaan. 

Sekjen Pengurus Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Mimika (IPMM), Agustinus Tipagau mengatakan ia dan rekannya di Asrama kesulitan memenuhi kebutuhan air bersih sehari-hari misalnya untuk mandi karena sumber air asrama putera dari sumur yang menggunakan mesin air listrik tak bisa difungsikan.  

"Kami mandi selama ini dari mengambil air di asrama puteri, dengan antri yang bikin sulit, dan sekarang terancam karena pemutusan dari PDAM,” kata  Agustinus.  

Menurutnya, ia dan rekan-rekannya juga kesulitan belajar karena sumber listrik hanya dari aula dan semua mahasiswa harus berkumpul di sana kalau belajar malam hari 

“Masalah akan tambah runyam karena tanggal 17 Oktober nanti pihak PDAM akan lakukan pemutusan air di Asrama Mimika Puteri. Asrama Puteri sudah dapat peringatan pemutusan air, dan tanggal 17 akan dicabut. Itu artinya kami semua tidak akan mendapat air lagi,” ucapnya. 

Katanya, masalah seperti ini belum pernah terjadi sebelumnya, baik ketika Asrama masih dibawah pengurusan keuskupan maupun setelah diserahkan ke Pemkab dibawah pengurusan IPMM sebelumnya. Setahun terakhir masalah-masalah tersebut muncul. (*) 

Sebelumnya

Kemenkopolhukam : Pemilukada Dogiyai akan terlaksana sesuai jadwal

Selanjutnya

111 Kampung Diusulkan Pemkab Intan Jaya

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Tinggalkan Komentar :

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua