Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Jayapura Membangun
  3. KPU Papua akan tindak-lanjuti surat Bawaslu RI setelah PHP MK 
  • Selasa, 26 September 2017 — 14:23
  • 602x views

KPU Papua akan tindak-lanjuti surat Bawaslu RI setelah PHP MK 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua telah menerima surat dari KPU RI terkait rekomendasi Bawaslu RI nomor 0835/K.Bawaslu/PM.06.00/IX/2017 tanggal 20 September 2017,  perihal KPU RI minta KPU Papua menindaklanjuti rekomendasi Bawaslu RI dengan terlebih dahulu melakukan klarifikasi dan kajian terhadap obyek permasalahan yang menjadi landasan terbitnya rekomendasi tersebut.
Proses pemungutan suara ulang yang dilakukan di salah satu TPS di Sentani, beberapa waktu lalu - Jubi/Engel Wally
Engelbert Wally
engellenny2509@gmail.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Sentani, Jubi - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua telah menerima surat dari KPU RI terkait rekomendasi Bawaslu RI nomor 0835/K.Bawaslu/PM.06.00/IX/2017 tanggal 20 September 2017,  perihal KPU RI minta KPU Papua menindaklanjuti rekomendasi Bawaslu RI dengan terlebih dahulu melakukan klarifikasi dan kajian terhadap obyek permasalahan yang menjadi landasan terbitnya rekomendasi tersebut serta mempertimbangkan fakta bahwa keputusan KPU Kabupaten Jayapura Nomor 71/KPPS/KPU-Kab.jpr/030.4340902/2017 tentang  penetapan rekapitulasi hasil perhitungan perolehan pemungutan suara ulang pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Jayapura Tahun 2017 sedang menjadi obyek sengketa perselisihan hasil pemilihan di Mahkamah Konstitusi. KPU Provinsi Papua agar melaporkan secara tertulis hasil kajian atas permasalahan tersebut kepada KPU paling lambat lima hari setelah diterimanya surat tersebut.

Komisioner KPU Papua, Izhak Hikoyabi, mengatakan proses hukum hasil Pilkada Kabupaten Jayapura sudah menjadi sengketa Perselihan Hasil Pemilu (PHP) di Mahkamah Konstitusi (MK) sejak dilaporkan oleh masing-masing Paslon pada 11 September 2017. Sementara rekomendasi Bawaslu RI barui keluar tanggal 21 September 2017.

"Kita tetap menghormati rekomendasi yang dikeluarkan Bawaslu RI. Oleh sebab itu KPU Papua telah menyampaikan kepada MK untuk memeriksa pokok aduan dan jadikan alat bukti rekomendasi tersebut. Kita juga telah menerima surat dari KPU RI tanggal 26 September 2017 maka KPU Papua akan melakukan klarifikasi dan kajian serta melaporkan secara tertulis dalam waktu lima hari setelah menerima surat ini," jelas Izhak Hikoyabi, melalui pesan singkatnya di Sentani, Selasa ( 26/9/2017).

Terpisah, Wakil Ketua II DPR Kabupaten Jayapura, Kornelis Yanuaring, mengatakan apapun hasil yang akan dikeluarkan MK, semua pihak harus menerima dan melaksanakannya.

"Kita imbau masyarakat untuk senantiasa menjaga situasi di daerah ini. Apapun hasil yang disampaikan nantinya adalah keputusan final yang harus diterima secara bersama-sama dan juga untuk kepentingan semua masyarakat di kabupaten Jayapura," katanya. (*)

 

loading...

Sebelumnya

PCC masuk Papua melalui jalur orang per orang

Selanjutnya

Kios dan lapak di pasar Pharaa masih banyak kosong 

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe