Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Mamta
  3. Pengembangan pariwisata Kota Jayapura melibatkan masyarakat sekitar
  • Selasa, 26 September 2017 — 15:31
  • 681x views

Pengembangan pariwisata Kota Jayapura melibatkan masyarakat sekitar

Tercatat ada sejumlah destinasi wisata di Kota Jayapua yang layak dipamerkan, di antaranya Skailand, pantai  Hamadi, Base G, dan Holtekamp.
Ilustrasi Keindahan Pantai Hamadi Kota, Jubi/papualives.com
Hengky Yeimo
yeimohengky@gmail.com
Editor : Edi Faisol

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Jayapura, Jubi- Pemkot Jayapura bakal melibatkan warga sekitar untuk pengembangan wisata di daerah setempat. Tercatat ada sejumlah destinasi wisata di Kota Jayapua yang layak dipamerkan, di antaranya Skailand, pantai  Hamadi, Base G, dan Holtekamp.

"Kalau tempat wisata di Skailand kami akan membantu mama mama memperbaiki dan menata tempat jualan es kelapa. Di pantai Hamadi dan pantai Bese G  akan berkoordinasi dengan pemilik hak ulayat dan pengelola pantai,” kata Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru, kepada wartawan, Selasa, (26/9/2019).

Menurut Rustan, konsep keterlibatan masyarakat sekitar itu juga memudahkan pengunjung yang hanya satu kali bayar saat masuk kawasan wisata. “Sedangkan di pondok-pondok itu rencananya digratiskan agar semakin banyak pengunjung,” kata Rustan menambahkan .

Ia mengaku selama ini banyak pengunjung yang mengeluh karena setiap kali mendatangi pantai di Kota Jayapura harus mengeluarkan uang banyak. Hal itu disebabkan selain membayar di pintu masuk, pengunjung juga masih harus membayar saat di pondok meski hanya untuk sekedar duduk santai. Biaya itu belum ditambah membayar parkir  mobil dan motor di lokasi wisata.

Dalam waktu dekat ini Rustan akan berkoordinasi dengan pemilik tanah adat serta tempat wisata untuk mengatur sistem satu kali bayar ke lokasi wisata. Rustan berharap upaya pengembangan destinasi pariwisata itu didukung oleh badan usaha milik negara dan daerah.

“Keterlibatan bisa dalam pembangunan sarana dan prasara di tempat wisata tersebut,” kata Rustan menjelaskan.

Pemkot Jayapura mentargetkan tahun 2018 semua kawasan wisata sudah rampung pembangunan dan pengembangan. Hal itu untuk menyambut momentum Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2020.

Mama Yarangga, seorang penjual es kelapa di perbukitan Skailand, mengakui ditemui Wakil Wali Kota saat datang mengecek tempat ia berjualan. “Katanya meninjau tempat wisata, sekalian berbincang,” kata Yarangga.

Ia mengaku senang bisa dikunjungi, Yarangga juga berharap pemerintah bisa memperhatikan tempat jualan yang ditempati. “Tempat kami sudah mulai lapuk ini diperbaiki agar perlindungan terhadap pedagang asli itu terjawab,” kata Yarangga berharap. (*)

loading...

Sebelumnya

Pemkot Jayapura libatkan badan usaha bangun lampu perkotaan

Selanjutnya

Ribuan usaha industri kecil di Kota Jayapura dibina

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe