Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Lapago
  3. Dinkes Papua segera turunkan tim medis ke Samenage
  • Selasa, 26 September 2017 — 18:01
  • 330x views

Dinkes Papua segera turunkan tim medis ke Samenage

Langkah itu bisa dengan mengirimkan tim pelayanan kaki telanjang, atau intervensi awal melalui tim gerak cepat dinas kesehatan provinsi.
Anak-anak berdiri di depan Pustu Samenage, sebelumnya dikabarkan puluhan masyarakat setempat meninggal akibat tidak mendapatkan layanan kesehatan yang baik. Jubi/-IST
Islami Adisubrata
islami@tabloidjubi.com
Editor : Edi Faisol

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Wamena, Jubi – Dinas Kesehatan Provinsi Papua segera menurunkan tim ke Distrik Samenage, Kabupaten Yahukimo, setelah mendengar kabar puluhan masyarakat meninggal akibat tidak mendapatkan layanan kesehatan yang baik.

“Kami akan bawa laporan ini menyampaikan ke pimpinan, sehingga ada tindak lanjut dari laporan ini," kata Kepala seksi krisis kesehatan, wabah dan bencana pada Dinas Kesehatan provinsi Papua, Yamamoto,saat ditemui di Wamena, Selasa (26/9/2017).

Yamamoto mengaku langsung bertemu dengan Pastor Jhon Djonga, kepala sekolah SD maupun staf guru dan juga perawat yang bertugas di Samenage. Ia tak memungkiri kasus Samenage bisa terjadi  jika dilihat dari sisi pelayanan. “

"Mungkin seperti yang diungkapkan, karena informasi yang didapat juga kebanyakan tenaga kesehatan lebih banyak berada di Dekai, ibu kota kabupaten Yahukimo,”kata Yamamoto menjelaskan .

Ia berharap laporan yang akan dibawa direspon dinas kesehatan provinsi direspon. Langkah itu bisa dengan mengirimkan tim pelayanan kaki telanjang, atau intervensi awal melalui tim gerak cepat dinas kesehatan provinsi. Sehingga masyarakat di Samenage mendapat pelayanan kesehatan.

"Apakah nanti langsung diintervesi oleh pemda provinsi dalam hal ini dinas kesehatan, tetapi kami akan crooscek lagi ke dinas kesehatan Yahukimo,” katanya.

Anggota komisi kesehatan, DPR Papua, Natan Pahabol mengingatkan pemerintah Provinsi Papua dan Kabupaten Yahukimo segera mengirim tim ke Distrik Saminage. “Untuk memastikan informasi yang menyebut sebanyak 48 warga di distrik itu karena tidak mendapat pelayanan kesehatan,” kata Natan.

Legislator Papua dari daerah pemilih Yahukimo, Yalimo dan Pegunungan Bintang itu mengaku baru tahu dari kematian puluhan warga dari media. “Saya belum mendapat informasi langsung. Namun saya yakin yang disampaikan Pastor Jhon Djonga di media, benar adanya,” kata Natan.

Menurut dia pastor punya data lengkap karena komunikasi langsung dengan masyarakat. Sebagai anak asli Yahukimo, ia prihatin dengan kondisi itu.

Natan meminta Dinas Kesehatan Provinsi Papua dan Unit Percepatan Pembangunan Kesehatan Papua (UP2KP) mengirim tim investigasi ke lapangan.(*)

 

Sebelumnya

APMS jamin ketersediaan BBM di Jayawijaya

Selanjutnya

Pelajar di Jayawijaya dapat materi anti Narkoba

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe