Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Nasional & Internasional
  3. Indonesia tolak tuduhan negara-negara Pasifik tentang West Papua
  • Rabu, 27 September 2017 — 05:46
  • 2360x views

Indonesia tolak tuduhan negara-negara Pasifik tentang West Papua

Ainan Nuran, Sekretaris Ketiga Misi Tetap Indonesia di New York yang menyampaikan tanggapan Indonesia bahwa Indonesia menolak semua tuduhan yang diajukan tiga negara tersebut.
Ainan Nuran, Sekretaris Ketiga Misi Tetap Indonesia di New York - Dok. UNGA
Victor Mambor
victor_mambor@tabloidjubi.com
Editor :

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Jayapura, Jubi – Indonesia menolak semua tuduhan yang disampaikan oleh Kepulauan Solomon, Vanuatu dan Tuvalu. Dalam pidato yang disampaikan oleh masing-masing kepala negara di sidang majelis umum PBB ke-72, tiga negara ini menuduh Indonesia melakukan berbagai pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) di dua provinsi paling timur, Papua dan Papua Barat.

Ainan Nuran, Sekretaris Ketiga Misi Tetap Indonesia di New York yang menyampaikan tanggapan Indonesia bahwa Indonesia menolak semua tuduhan yang diajukan tiga negara tersebut. Papua dan Papua Barat akan tetap menjadi bagian integral dari Indonesia. Dia balik menuduh pemimpin Melanesia telah mendukung separatisme di sebuah negara yang berdaulat.

"Negara-negara tersebut ditipu oleh individu-individu yang memiliki agenda separatis untuk mengeksploitasi isu hak asasi manusia. Jika hak asasi manusia menjadi inti permasalahan, mengapa kekhawatiran ini tidak disuarakan di forum yang tepat, yaitu Siklus ke-3 dari Tinjauan Periodik tentang Indonesia di Dewan HAM Perserikatan Bangsa-Bangsa," kata Ainan dalam tanggapannya di hadapan sidang majelis umum PBB di New York, Senin (25/7/2017).

Menurutnya, Papua dan Papua Barat memiliki pertumbuhan ekonomi tercepat di seluruh Indonesia dan penduduk asli dua provinsi ini sangat diuntungkan dari perkembangan yang terjadi di provinsi mereka.

Kepulauan Solomon Tuvalu dan Vanuatu sebelumnya telah menantang PBB segera melakukan penyelidikan atas dugaan pembunuhan, penyiksaan, penculikan dan pelanggaran hak asasi manusia terhadap Orang Asli Papua (West Papua) yang dilakukan oleh pasukan keamanan Indonesia.  Tak hanya tuduhan dugaan pelanggaran HAM, negara-negara di Pasifik ini menyampaikan dukungan mereka terhadap hak penentuan nasib sendiri rakyat West Papua.

"Kami juga meminta rekan-rekan kami di seluruh dunia untuk mendukung hak legal Papua Barat untuk menentukan nasib sendiri. Dan untuk bersama-sama dengan Indonesia mengakhiri segala jenis kekerasan dan menemukan solusi dalam memfasilitasi sebuah proses penentuan nasib sendiri," kata Charlot Salwai dalam pidatonya di hadapan majelis umum PBB. (*)

loading...

Sebelumnya

Korban pelanggaran HAM mengadu ke PBB

Selanjutnya

Sinyal Telekomunikasi buruk, Kabupaten Yahukimo akan ditambah BTS

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe