10 Fakta Danau Habema

Jayapura, Jubi – Danau Habema terletak sekitar 42 km dari Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, yang berada dalam area Taman Nasional Lorentz. Untuk menuju danau ini diperlukan waktu 3 jam perjalanan dengan kendaraan roda empat yang cukup besar. Butuh perjuangan untuk mencapai Danau Habema ini, karena jalan cukup berliku, mengingat Wamena merupakan kota yang ada di Pegunungan Papua.

Meski danau yang nama aslinya Yuginopa ini dikatakan telah berubah jauh sejak 104 tahun lalu kala H.A Lorentz memulai ekspedisinya, landscape Danau Habema tetaplah spektakuler. Rentangan danau biru pekat seluas 224 hektar dengan salju abadi yang menutupi puncak Trikora adalah berlian di mata pecinta alam dan ekspedisi.

Area ini adalah lokasi yang spektakuler, dengan landscape Papua dan vegetasi yang sangat beragam. Dahulu di area Danau Habema banyak terdapat anggrek hitam yang langka. Saat ini sudah sangat sulit menemui tanaman ini akibat eksploitasi ilegal yang membawa anggrek anggrek ini ke kota kota besar di Indonesia untuk dijual.

Danau Habema - IST

Danau Habema – IST

3.300 – Danau Habema merupakan salah satu danau tertinggi di Indonesia. Terletak di ketinggian lebih dari 3.300 meter di atas permukaan laut.

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10