Laki-Laki Kepulauan Trobriand

Kula
Jayapura, Jubi – Kula adalah bagian tertinggi dari sebuah proses pertukaran barang di Kepulauan Trobriand. Proses ini bukanlah proses perdagangan seperti yang kita kenal. Ini hanya dilakukan antara Kepala Suku.

Seorang Kepala Suku akan berdiri di depan rumahnya berhadapan dengan kepala suku lainnya yang berkunjung. Kepala suku tuan rumah harus menawarkan pemberian berupa kalung dan kepala suku yang berkunjung harus memberikan gelang yang biasa dipakai di lengan kaum laki-laki. Selanjutnya proses pertukaran meningkat secara bertahap, mulai dari makanan, babi, pisang atau ubi. Kemudian meningkat lagi menjadi pertukaran kapak batu.

Jadi Kula memang mirip proses perdagangan. Namun dalam proses Kula kita bertujuan untuk memberikan sesuatu yang bernilai lebih besar dari yang kita terima. Hal ini berlawanan dengan prinsip perdagangan yang bertujuan untuk membuat keuntungan pada setiap kesepakatan.

01webKaum laki-laki dari Suku Kula, Kepulauan Trobriand harus membungkukkan tubuh mereka saat berhadapan dengan Kepala Suku mereka

Pages: 1 2 3 4 5