<
Show/Hide
  1. Home
  2. Pasifik
  3. Badan kesejahteraan Polinesia Perancis ke Pengadilan HAM
  • Jumat, 13 Oktober 2017 — 08:19
  • 349x views

Badan kesejahteraan Polinesia Perancis ke Pengadilan HAM

Prancis tidak mengakui pertanggungjawabannya atas uji tes senjata nuklir di Polinesia Perancis. – RNZI/AFP

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Tahiti, Jubi – Badan Kesejahteraan Sosial Polinesia Perancis dipastikan menuju ke Pengadilan HAM Eropa guna menuntut pembayaran bagi korban-korban uji senjata nuklir Prancis.

Hal ini menyusul keputusan pengadilan Prancis yang meneguhkan keputusan pemerintah Prancis untuk tidak mengkompensasi badan tersebut di Tahiti setelah badan itu membayar perawatan korban uji coba Nuklir Prancis di negara tesebut.

Pengadilan itu menolak klaim kompensasi tersebut dan menyatakan bahwa negara Prancis tidak bertanggung jawab atas korban-korban tersebut itu karena tidak ada bukti bahwa negara bertanggung jawab langsung atas kerusakan tersebut.

Saran ahli kepada pengadilan tersebut sebelumnya telah menunjukkan bahwa kompensasi Prancis yang dibayarkan kepada para korban itu dilakukan karena solidaritas nasional dan bukan karena negara tersebut mengakui pertanggungjawabannya.

Pengadilan itu mengatakan sebagai penyedia layanan, badan kesejahteraan Tahiti itu hanya bisa mendapatkan kompensasi jika ia bisa membuktikan tanggung jawab negara.

Radio1 di Tahiti melaporkan setelah penolakan itu dewan badan kesejahteraan sosial kini telah memutuskan untuk mengajukan kasus tersebut ke Pengadilan HAM Eropa.

Pada bulan Juli kemarin, Pemerintah Prancis mengumumkan semua klaim kompensasi yang ditolak sebelumnya akan dipertimbangkan kembali, termasuk yang satu klaim diajukan oleh badan tersebut untuk mendapatkan kembali uang yang telah mereka kucurkan kepada salah satu korban.(Elisabeth C.Giay)

Reporter :RNZI
redaksi@tabloidjubi.com
Editor : Zely Ariane
Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

FAO berperan dalam keamanan dan kebersihan pangan Pasifik

Selanjutnya

Pejabat Kedutaan Besar AS di Port Moresby dirampok

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua