<
Show/Hide
  1. Home
  2. Jayapura Membangun
  3. Pemkab Jayapura canangkan taman Akho Darling
  • Jumat, 13 Oktober 2017 — 11:23
  • 493x views

Pemkab Jayapura canangkan taman Akho Darling

Taman PDAM yang ada di depan pintu gerbang kantor Bupati Jayapura - Jubi/IST 

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Sentani, Jubi - Untuk mendukung terciptanya Ruang Terbuka Hijau (RTH) serta penataan kota yang lebih baik menuju tahun 2020, Pemerintah kabupaten (Pemkab) Jayapura akan mencanangkan satu gerakan pembangunan taman Sahabat Sadar Lingkungan (Akho Darling).

Dimana dalam pencanangan taman sahabat sadar lingkungan ini akan dilibatkan para stakeholder dan masyarakat untuk turut berpartisipasi membuat taman berukuran kecil di sepanjang pinggir jalan di kota Sentani.

Pencanangan ini bukan hanya menjadi program dan gerakan bersama pemerintah dan masyarakat tetapi juga bagian dari tugas proyek perubahan yang dilaksanakan peserta PIM IV tahun 2017 kabupaten Jayapura.

Peserta PIM IV, Marshall Suebu, mengatakan Akho Darling adalah proyek yang dilaksanakan sebagai wujud dukungan terhadap program pemerintah daerah terhadap RTH di kota Sentani. 

Untuk merealisasikan proyek tersebut harus ada kerjasama antara pemerintah dan stakeholder serta partisipasi masyarakat dalam membangun taman-taman kecil di sepanjang kota Sentani.

"Salah satu contoh taman yang sudah dibangun adalah taman PDAM yang ada tepat di pintu gerbang kantor Bupati Jayapura. Selain itu juga ada taman Semuwa Group di jalan masuk bandara Sentani. Dari contoh taman-taman yang sudah dibangun ini akan digerakkan lagi kepada semua stakeholder untuk bersama-sama dalam satu gerakan ini termasuk masyarakat. Sebagai awal, akan dicanangkan oleh pemerintah daerah di taman PDAM yang ada di depan pintu gerbang kantor Bupati Jayapura, setelah apel pagi," jelas Marshal, ketika menghubungi Jubi melalui telepon selulernya di Sentani, Kamis (12/10/2017).

Marshall berharap dinas terkait dapat mengambil peran secara serius untuk melaksanakan apa yang akan dicanangkan ini serta dilaksanakan dengan penuh tanggung-jawab dan berkoordinasi dengan semua pihak sehingga RTH yang diharapkan ini dapat terwujud dan kota Sentani yang menjadi kota tujuan di Papua benar-benar aman dan nyaman dari sisi tata ruangnya.

"Untuk mewujudkannya memang butuh keberanian dan kerjasama semua pihak. Sementara untuk ruangnya sudah sangat tersedia, misalnya taman di depan kantor distrik, gedung Tabita, SMPN 1 Sentani, SMPN 2 Sentani, dan SMAN 1 Sentani.  Bila semua mau bekerja pasti akan terlihat indah dan asri kota kita ini. Oleh sebab itu sangat diharapkan peran aktif semua stakeholder dan masyarakat untuk mendukung program RTH di daerah ini," ujarnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kabupaten Jayapura, Patrisius Yamlai, mengaku pihaknya sangat mendukung apa yang akan dilaksanakan atau dicanangkan terkait RTH di daerah ini.

"RTH sudah kami masukkan dalam program kerja kita tahun depan sehingga kalau sudah dimulai dari saat ini berarti sangat kami mendukung. Karena RTH juga merupakan salah satu indikator bagi pencapaian pelayanan publik lainnya seperti kampung layak anak menuju kabupaten layak anak, pengawasan terhadap kebersihan lingkungan melalui Perda sampah, dan lain sebagainya. Kita juga mengajak semua pihak untuk terlibat aktif salah program Akho Darling ini," ungkapnya. (*)

 

Reporter :Engelbert Wally
engellenny2509@gmail.com
Editor : Dewi Wulandari
Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Pemkab Jayapura gelar sosialisasi pencegahan korupsi dana kampung

Selanjutnya

Pemkab Jayapura dorong RTH menuju PON 2020

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua