<
Show/Hide
  1. Home
  2. Jayapura Membangun
  3. Dana kampung Rp 100 juta untuk perempuan, kemana?
  • Selasa, 20 Februari 2018 — 18:19
  • 779x views

Dana kampung Rp 100 juta untuk perempuan, kemana?

Bupati Jayapura. Mathius Awoitauw, saat memberikan arahan kepada aparat kepala kampung se-kabupaten Jayapura dan TP-PKK di aula lantai dua kantor bupati, Selasa (20/2/2018) siang - Jubi/Engel Wally 
◕‿◕Ketua TP-PKK Kabupaten Jayapura, Magdalena Luturmas Awoitauw, mengaku dana Rp 100 juta yang dikucurkan tidak selalu pas dengan jumlahnya. Artinya, yang diberikan biasanya hanya berkisar Rp 50 juta hingga Rp 75 juta. Sisanya entah kemana.◕‿◕

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Sentani, Jubi – Tim Penggerak PKK (TP-PKK) Kabupaten Jayapura mempertanyakan dana kampung sebesar Rp 100 juta bagi kaum perempuan dari Alokasi Dana Kampung (ADK). Pasalnya, dana tersebut, dalam kurun tiga tahun terakhir, belum diterima.

Ketua TP-PKK Kabupaten Jayapura, Magdalena Luturmas Awoitauw, mengaku dana Rp 100 juta yang dikucurkan tidak selalu pas dengan jumlahnya. Artinya, yang diberikan biasanya hanya berkisar Rp 50 juta hingga Rp 75 juta. Sisanya entah kemana.

"Selama ditetapkan dana tersebut yang diperuntukkan bagi kaum perempuan, ibu, dan anak. Belum 100 persen kami terima. Jumlah Rp 100 juta itu tidak sampai ke tangan kami. Padahal ada banyak program yang harus dilaksanakan dengan menggunakan anggaran tersebut," ungkapnya dengan nada kesal.

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, mengatakan ada laporan dari sejumlah ibu yang tergabung dalam TP-PKK Kabupaten Jayapura bahwa kepala kampung sangat susah mengeluarkan dana tersebut untuk kepentingan perempuan, ibu, dan anak-anak.

Menurut Bupati, ADK yang diluncurkan ke setiap kampung sudah diperhitungkan peruntukannya sehingga tidak ada kata tawar menawar terhadap hal ini. Yang jelas, pemerintah telah memperhitungkan sebelum menurunkan dana tersebut.

"Ibu-ibu kita ini banyak sekali yang dikerjakan tanpa dukungan anggaran dan itu jelas dan sukses dilaksanakan. Apalagi kalau kita berikan sedikit anggaran bagi mereka untuk menunjang semua aktifitas mereka di kampung. Kepala kampung harus memperhatikan hal ini dengan serius. Ada posyandu, taman bermain, PAUD, sekolah Minggu, yang semuanya dilaksanakan oleh ibu-ibu kita. Hal ini untuk kebaikan kampung sendiri. Kenapa kita harus tawar menawar terhadap hal ini. Saya harap para kepala kampung dapat melaksanakannya dengan baik," kata Bupati Awoitauw, saat pertemuan dengan para kepala kampung se-kabupaten Jayapura dan TP-PKK di aula lantai dua kantor Bupati Jayapura, Selasa (20/2/2018).

Alokasi Dana Kampung (ADK) yang rutin dikucurkan pemerintah daerah ke seluruh kampung di Kabupaten Jayapura, beragam jumlahnya. Hal ini dikarenakan faktor jarak dan topografi kampung.

Pencairan ADK dibagi dalam dua tahap setiap tahunnya. Satu kampung ada yang mendapat alokasi dana Rp 400 juta karena faktor topografi dan jarak dari ibukota kabupaten. Sementara yang mudah terjangkau dekat wilayah perkotaan mendapat kucuran dana sebesar Rp 300 juta. Sebanyak Rp 100 juta sudah diplotkan untuk kepentingan perempuan, ibu, dan anak. (*)

Reporter :Engelbert Wally
Editor : Dewi Wulandari
Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

PKK kabupaten Jayapura siapkan cenderamata PON 2020

Selanjutnya

Pemkab Jayapura ingin ambil alih situs megalitikum Tutari

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua