<
Show/Hide
  1. Home
  2. Koran Jubi
  3. Harapan guru dan siswa dari pojok baca bank di sekolah
  • Sabtu, 17 Maret 2018 — 06:40
  • 829x views

Harapan guru dan siswa dari pojok baca bank di sekolah

Siswa SMA Negeri 4 Jayapura menikmati buku di “BI Corner” sekolah tersebut – Jubi/ Sindung Sukoco

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi - Bank Indonesia (BI) Perwakilan Jayapura membuat pojok baca yang dinamakan “BI Corner” di sejumlah sekolah dan kampus Perguruan Tinggi di Kota Jayapura.

Manager Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia Perwakilan Papua Yon Widiono mengatakan, program BI Corner dibuat untuk memperkuat edukasi masyarakat di bidang ekonomi.

“Melalui BI Corner diharapkan pembaca, khususnya masyarakat atau siswa, memperoleh banyak sumber informasi ekonomi yang berkualitas, baik dari dalam maupun luar negeri,” katanya kepada Jubi.

Widiono mengatakan, saat ini BI Corner terdapat di tujuh lokasi, yaitu SMAN 1 Jayapura, SMAN 4 Jayapura, SMKN 2 Jayapura, Uniyap, USTJ, Universitas Cenderawasih, dan Perpustakaan Daerah (Perpusda) Papua.

BI Corner merupakan bagian sosial dari Bank Indonesia Perwakilan Papua yang mengambil tema “Indonesia Cerdas”. Artinya, dengan berdirinya pojok baca ini akan bisa membantu warga menjadi cerdas.

“Di pojok baca kita sediakan fasilitas ruangan buku ekonomi dan lainnya, computer, dan fasilitas e-book, selain itu juga acara bedah buku dan informasi tentang bank sentral,” ujarnya.

Widiono mengatakan, saat ini BI terus berupaya menarik minat baca siswa dan melakukan upaya pemanfaatan pojok baca oleh pengunjung.

“Kami rasa itulah yang ingin kami capai, lokasi dan keseriusan pengurus pojok baca menjadi tolak ukur keaktifan sehingga kami secara berkala memonitoring BI Corner agar bisa aktif dengan memasukkan program fasilitas dan buku untuk menjaring banyak pembaca,” ujarnya

Widiono menjelaskan, tahun ini (2018), Bank Indonesia Perwakilan Papua akan menambah BI Corner di empat lokasi lagi, sehingga sampai 2018 jumlahnya menjadi 11.

“Program ini sudah kami mulai sejak 2015 pada dua lokasi, kemudian 2016 ditambah dua lokasi,  dan 2017 di tiga lokasi, sedangkan target nasional pendirian BI Corner jumlahnya ribuan,” katanya.

Pojok baca “Bi Corner” didesain menarik dengan fasilitas yang nyaman. Di SMAN 4 Jayapura misalnya, siswa terlihat nyaman berada di ruangan ini. Mereka menikmati buku dan menambah literasi pengetahuan dengan membaca.

Terdapat komputer yang berdiri tegak dan sofa yang nyaman di sisi kanan ruangan perpustakaan yang berukuran 4 X 6 meter. Di belakang menempel tembok terdapat rak dengan buku tertata rapi, memudahkan siswa memilih buku yang diinginkannya.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas SMAN 4 Jayapura Alfrets Randang mengatakan, sejak pojok baca ada pada 2017 semuanya masih terawat dan digunakan siswa pada saat tertentu.

Dengan adanya buku-buku yang tersedia di “BI Corner” sangat mendukung siswa untuk menghadapi Olimpiade Sains Kota (OSK). Karena itu sekolah sangat terbantu dengan pojok baca.

“Memang saat ini baru 200 buku dengan 50 judul yang tersedia, karena itu kami berharap ada tambahan lagi,” ujarnya.

Randang berharap usulan buku dari sekolahnya yang diajukan kepada Bank Indonesia dapat segera terealisisasi. Selain itu ia juga berharap ada tambahan koleksi e-book.

“E-book yang tersedia masih ada di sistem jaringan server dan kalau anak-anak ingin ambil bisa mengakses di komputer perpustakaan,” ujarnya.

Ia memang sangat ingin koleksi buku BI Corner dilengkapi lagi sehingga menunjang pembelajaran dan kegiatan lomba, terutama untuk menghadapi Karya Ilmiah Remaja (KIR) dan OSK.

“Apalagi jika dilengkapi dengan buku-buku aplikasi teknologi dan jurnal akan sangat bermanfaat,” katanya.

Def Worabay, siswa SMAN 4 Jayapura mengaku telah banyak menggunakan BI Corner sebagai tempat referensi ilmiah.

“BI Corner bukunya beda dengan perpustakaan, karena lebih kepada pengetahuan umum,” ujarnya.

Menurut Worabay, jika Bank Indonesia menambah koleksi buku di BI Corner maka pojok baca ini akan menjadi tempat nongkrong baru bagi siswa untuk menambah referensi.

“Koleksi BI Corner perlu ditambah dan penambahan e-book juga diperlukan secepatnya,” katanya.

Hal senada disampaikan Winnie, siswa lainnya. Ia mengakui tertarik memanfaatkan buku dan e-book di BI Corner untuk menambah pengetahuannya.

“Intinya kami bisa banyak mengeksplore ebook dan tak bayar alias gratis,” ujarnya.

Winnie berharap sekolah dapat mengawasi pengelola BI Corner supaya dapat terus beroperasi dengan lancar.

“Sebab jika tidak diawasi pihak sekolah akan semerawut,” katanya. (*)

Reporter :Agus Pabika
Editor : Syofiardi
Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Kisah Ani Haluk dan kebunnya

Selanjutnya

Meneruskan usaha orangtua menjual bunga anggrek

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua