<
Show/Hide
  1. Home
  2. Mamta
  3. PGGJ minta menara masjid AL-Aqsa tak lebih tinggi dari bangunan gereja
  • Sabtu, 17 Maret 2018 — 17:05
  • 3598x views

PGGJ minta menara masjid AL-Aqsa tak lebih tinggi dari bangunan gereja

Pembacaan Peryataan sikap oleh Pggj di ruang Rapat Kantor Klasis GKI Sentani. Jubi / Engel Wally
◕‿◕Kedua point tersebut termuat dalam pernyataan sikap yang disampaikan oleh Ketua PGGJ Kabupaten Jayapura Robby Depondoye dalam jumpa pers bersama awak media di ruang rapat Kantor Klasis GKI Sentani, Jumat (16/3/2018).◕‿◕

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Sentani,Jubi - Persekutuan Gereja-Gereja Jayapura (PGGJ) Kabupaten Jayapura meminta agar  pembangunan menara masjid AL-Aqsa tidak boleh lebih tinggi dari bangunan gereja yang ada di sekitarnya. Selain itu PGGJ meminta agar proses pembangunan menara tersebut dihentikan dan dibongkar dengan limit waktu selama 14 hari sejak pernyataan PGGJ disampaikan kepada media.  

Kedua point tersebut termuat dalam pernyataan sikap yang disampaikan oleh Ketua PGGJ Kabupaten Jayapura Robby Depondoye dalam jumpa pers bersama awak media di ruang rapat Kantor Klasis GKI Sentani, Jumat (16/3/2018).

Selain dua poin tersebut, Robby Depondoye mengatakan ada delapan point penting yang termuat dalam surat pernyataan mereka yang tidak dapat dipisahkan dalam satu kesatuan. Diantaranya adalah seragam sekolah bagi siswa-siswi tidak boleh berciri khas agama tertentu, tidak dibenarkan mebangun musholah di tempat - tempat umum, perkantoran, sekolah, pasar dan tempat umum lainnya dan proses pembangunan masjid dilakukan atas rekomendasi bersama pemerintah daerah, PGGJ dan pemilik hak ulayat.

"Tanah Tabi secara umum dan khususnya Kabupaten Jayapura adalah yang pertama menerima Injil terang dan kebenaran Yesus Kristus dan sudah menyatu dengan adat istiadat masyarakat jayapura. Melalui Injil ini juga keterisolasian daerah mulai terbuka dan pemerintah menjalankan proses pembangunan di segala bidang. Oleh sebab itu kami sangat mengharapkan ada pengertian agama lain terhadap Kesulungan kita di tanah ini termasuk sejumlah point yang telah disampaikan," jelas Depondoye.

Ditempat yang sama, Yusak Andato mewakili Pemuda Adat Papua mengatakan pihaknya akan mengkawal penuh pernyataan yang telah di sampaikan oleh PGGJ baik kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua hingga ke Pusat.

"Sebelumnya hal yang sama seperti ini juga telah kami sampaikan kepada Majelis Rakyat Papua dan juga Dewan Perwakilan Rakyat Papua," ujarnya.

Senada dengan ini, Daniel Yoku Ketua Bidang OKK Gerakan Agkatan Muda Krinten Indonesia (Gamki) Kabupaten Jayapura meminta kepada semua pihak termasuk pemerintah daerah agar meningkatkan pernyataan daerah ini sebagai zona integritas kerukunan umat beragama.

"Apresiasi dan dukungan juga kita sampaikan kepada PGGJ yang telah melakukan aksi ini, sehingga apa yang telah dilaksanakan oleh pemerintah daerah terkait zona integritas kerukunan umat beraga di daerah ini dapat diwujudkan nyatakan. Tidak hanya slogan saja," ungkapnya.

Sebelumnya Bupati Jayapura Mathius Awoitauw mengatakan persoalan pembangunan menara masjid AL-Aqsa Sentani bukanlah hal yang luar biasa untuk di perdebatkan.

"Semua pihak tidak boleh ada perasaan tersakiti, benci, dan lain sebagainya. Pembangunan menara masjid ini bukan hal yang luar biasa, yang menjadikan hal ini luar biasa karena sudah viral di medsos lalu semua orang menyampaikan tanggapannya masing-masing. Coba kalau kita semua duduk bersama lalu bicara dari hati ke hati baik itu pengurus masjid, FKUB, dan PGGJ serta semua pihak. Pasti ada solusi terbaik bagi kita semua," kata Awoitauw.

Terpisah, Pihak Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Papua dikabarkan akan membahas masalah pembangunan menara menara masjid AL-Aqsa pada hari Minggu (18/3/2018). Dalam undangan pertemuan yang disampaikan kepada redaksi Jubi dan ditandatangani oleh Ketua Umum MUI Papua, KH. Saiful Islam Al-Payage, S.HI, selain temu Ukhuwah, MUI Papua akan membahas tanggapan seputar masalah-masalah sosial keagamaan serta masalah Pembangunan Menara Masjid Al-Aqsha Sentani. (*)

Reporter :Engelbert Wally
Editor : Victor Mambor
Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Koleksi museum Papua banyak yang rusak

Selanjutnya

Polemik menara masjid Al-Aqsa, MUI Papua : Jangan terlalu percaya media sosial

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Object moved

Object moved to here.

wso shell IndoXploit shell wso shell hacklink hacklink satış hacklink wso shell