<
Show/Hide
  1. Home
  2. Infrastruktur
  3. Infografis : Potensi wilayah adat Papua
  • Selasa, 29 Mei 2018 — 10:24
  • 2313x views

Infografis : Potensi wilayah adat Papua

Infografis Jubi
◕‿◕Papua merupakan Provinsi terluas di Indonesia, setelah dikurangi daerah yang sekarang menjadi Provinsi Papua Barat luas wilayahnya menjadi 317.062 km2, membujur dari barat ke timur (Sorong-Jayapura) sepanjang 1.200 km (744 mile) dan dari utara ke selatan (Jayapura - Merauke) sepanjang 736 km (456 mil).◕‿◕

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Papua merupakan Provinsi yang terletak di wilayah paling timur wilayah Indonesia, provinsi ini memiliki wilayah yang sangat luas serta sumber daya alam yang berlimpah dan budaya tradisional yang beraneka ragam.

Papua merupakan Provinsi terluas di Indonesia, setelah dikurangi daerah yang sekarang menjadi Provinsi Papua Barat luas wilayahnya menjadi 317.062 km2, membujur dari barat ke timur (Sorong-Jayapura) sepanjang 1.200 km (744 mile) dan dari utara ke selatan (Jayapura - Merauke) sepanjang 736 km (456 mil). Provinsi ini berbatasan dengan Samudera Pasifik di sebelah utara, Laut Arafura di sebelah selatan, Provinsi Papua Barat di sebelah barat dan Negara Papua New Guinea di sebelah timur. Dari total luas 317.062 km2 tersebut, diperkirakan lebih dari 40% yaitu seluas 128.700 km2 merupakan tanah yang cocok digunakan sebagai areal pertanian.

Struktur ekonomi Provinsi Papua pada tahun 2008 didominasi sektor Pertambangan dan penggalian (47%), Pertanian (18%) dan Jasa-jasa serta konstruksi (8%). Pada sektor pertambangan dan penggalian tersebut, sub sektor pertambangan non migas kontribusinya mendominisi yaitu sebesar 99%, atau sebesar 46% terhadap PDRB Provinsi sedangkan sub sektor penggalian kontribusinya kurang dari 1% terhadap PDRB Provinsi. Provinsi ini selain memiliki pertambangan emas, menyimpan pula gas alam, minyak dan aneka bahan tambang lainnya yang siap menunggu untuk diolah. Potensi sektor pertambangan dan penggalian berupa komoditi Batu bara, Marmer, Granit, Pasir Kuarsa dan Batu Gamping. Untuk sektor pertanian, sub sektor tanaman bahan makanan memberikan kontribusi 48% atau sama dengan 9% terhadap PDRB Provinsi, berturut-turut sub sektor perikanan sebesar 26% (5%), kehutanan sebesar 14% (2%), Peternakan sebesar 7% (1%) dan Tanaman Perkebunan sebesar 5%.

Komoditi subsektor tanaman bahan makanan di provinsi ini berupa padi, jagung, ubi kayu, ubi jalar, kacang tanah, kacang kedelai, kacang hijau, keladi dan umbi-umbian. Sedangkan pada sub sektor perikanan, komoditi unggulannya berupa perikanan tangkap dan penunjangnya adalah rumput laut. Untuk subsektor tanaman perkebunan komoditi unggulannya berupa Kelapa Sawit, Kakao, Kopi, dan ubi kayu.

Sektor Jasa-jasa yang memberikiran kontribusi sebesar 8% terhadap PDRB Provinsi, didominasi subsektor pemerintahan umum sebesar 7%, sedangkan subsektor swasta hanya memberikan kontribusi sebesar 1%. Papua merupakan tanah yang penuh pesona baik budaya maupun alamnya, maka untuk mengangkat sektor ini, komoditi pariwisata menjadi komoditi unggulan.
Untuk menunjang kegiatan investasi di provinsi ini terdapat KAPET Biak dan Kawasan Industri Arar, juga terdapat 10 (sepuluh) pelabuhan laut yaitu Merauke, Nabire, Pomako, Serui, Biak, Bade, Agats, Sarmi, Waren dan Jayapura serta 23 (dua puluh tiga) bandar udara. (*)

Sumber artikel : kadin-indonesia.or.id

Reporter :Admin Jubi
Editor : Kyoshi Rasiey
Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Dinas PUPR pastikan ring road selesai sebelum PON 2020

Selanjutnya

Kinerja kontraktor jembatan kali Mapia dipertanyakan

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua