<
Show/Hide
  1. Home
  2. Jayapura Membangun
  3. Ketua KPU Jayapura: Tak punya e-KTP, bisa gunakan suket
  • Senin, 25 Juni 2018 — 14:02
  • 384x views

Ketua KPU Jayapura: Tak punya e-KTP, bisa gunakan suket

Proses pelipatan kertas suara pilgub yang dilakukan di kantor KPU Kabupaten Jayapura beberapa waktu lalu - Jubi/Engel Wally
◕‿◕“Yang tidak punya e-KTP tetapi terdaftar dalam DPT maka harus mengurus surat keterangan yang ditandatandangi Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jayapura,” ujar Pieter Wally yang ditemui Jubi di kantornya, Senin (25/6/2018).◕‿◕

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Sentani, Jubi – Pemilihan Umum Kepala Daerah (pilkada) tinggal esok lusa, sekitar 4.000 warga Kabupaten Jayapura terancam tidak bisa menggunakan hak pilihnya karena tidak mempunyai e-KTP.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jayapura, Pieter Silas Wally, memastikan hal tersebut dapat terlaksana apabila para pemilih yang belum memiliki e-KTP dilengkapi dengan Surat Keterangan (suket) dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jayapura.

“Yang tidak punya e-KTP tetapi terdaftar dalam DPT maka harus mengurus surat keterangan yang ditandatandangi Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jayapura,” ujar Pieter Wally yang ditemui Jubi di kantornya, Senin (25/6/2018).

Dijelaskan, sekitar 4.000 orang yang tidak terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) sudah dikoordinasikan dengan pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), apakah sudah dilakukan perekaman atau belum itu bukan urusan pihak penyelenggara pemilu.

“Jumlah pemilih kita sesuai DPT adalah 16.971 orang yang sesuai dengan data yang dikeluarkan oleh Dirjen Capil Pusat. Kami hanya menggunakan data tersebut. Proses perekaman dokumen kependudukan termasuk e-KTP adalah wewenang dinas yang bersangkutan,” ungkap Wally.

Sementara itu, Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, mengaku jumlah 4.000 orang yang tidak terakomodir dalam DPT adalah jumlah yang cukup banyak.

“Ini tandanya penyelanggara tidak melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik. Pemilu itu bukan barang baru bagi masyarakat kita. Persiapan dan konsolidasinya sudah dari dua tiga tahun lalu,” tukasnya. (*)

Reporter :Engelbert Wally
Editor : Dewi Wulandari
Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Logistik pilgub di 18 distrik selesai didistribusikan

Selanjutnya

Pemilih khusus akan difasilitasi tempat pencoblosan

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua