<
Show/Hide
  1. Home
  2. Infrastruktur
  3. Legislator Papua: Pengawasan minim, proyek nasional tak tuntas
  • Senin, 02 Juli 2018 — 18:11
  • 599x views

Legislator Papua: Pengawasan minim, proyek nasional tak tuntas

Ilustrasi proyek pengerjaan jalan di Papua - Jubi.Dok
◕‿◕"Ada proyek yang dapat diselesaikan satu tahun, tapi hingga tiga atau empat tahun belum juga selesai," kata Gobai, Senin (2/7/2018).◕‿◕

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi - Legislator Papua, John NR Gobai menilai minimnya pengawasan membuat proyek nasioanal dari Balai Jalan wilayah Papua di sejumlah kabupaten tak tuntas, tepat pada waktunya.

Ia mencontohkan jembatan kali Nabire di Karang Tumaritis, Kabupaten Nabire.  Katanya, sudah tiga tahun pembangunan jembatan itu belum rampung.

"Ada proyek yang dapat diselesaikan satu tahun, tapi hingga tiga atau empat tahun belum juga selesai," kata Gobai, Senin (2/7/2018).

Katanya, tidak selesainya proyek yang ditangani Balai Jalan wilayah Papua tepat waktu, perlu dipertanyakan. Penyebabnya kemungkinan minimnya pengawasan, bisa juga disebabkan ulah kontraktor atau pihak terkait yang sama-sama bermain. 

Melihat banyaknya proyek dari Balai Jalan yang tak tuntas tepat waktu, Gobai menduga kalau Balai hanya dijadikan tempat menitipkan proyek oleh kelompok besar di Jakarta yang dikerjakan pihak tertentu di Papua.

"Mungkin karena proyek Balai Jalan Nasional sehingga orang berasumsi yang dapat melakukan pengawasan adalah DPR RI. Tapi ini kan pelaksanaannya di Papua. Di Papua inikan juga ada DPR," ucapnya.

Kata Gobai, jika alasannya pengawasan harus dilakukan DPR RI, berapa jumlah anggota DPR RI terutama perwakilan Papua. Tidak mungkin dapat menjangkau semua daerah. Selain itu, mereka tidak hanya akan fokus ke Papua, tapi di wilayah Indonesia lainnya. 

Ia ingin DPR Papua dilibatkan dalam mengawasi proyek yang ditangani Balai Jalan, dengan memberikan dokumen proyek setiap tahun ke lembaga itu agar pihak DPR Papua dapat melakukan pengawasan.

"Kami harus tahu berapa nilai setiap pekerjaan, di mana lokasinya, siapa kontraktornya, dan berapa lama target penyelesaian. Dengan begitu, kami bisa mengawasi proyek Balai di dapil kami masing-masing," ujarnya. 

Hal yang sama dikatakan anggota Komisi IV DPR Papua bidang infrastruktur, Thomas Sondegau. 

Menurutnya, Balai Jalan wilayah Papua perlu memperketat pengawasan setiap pekerjaan yang ditanganinya, agar dapat tepat waktu.

"Saya pikir pengawasan itu penting. Mungkin kalau pekerjaan itu di wilayah kota, masih dapat dengan gampang dipantau. Tapi bagaimana dengan yang ada di daerah pedalaman atau hutan," kata Sondegau.

Ia berharap, Balai Jalan juga berupaya mendorong agar setiap proyak yang ditangani lembaga teknis itu dapat rampung tepat waktu. (*) 


 

Reporter :Arjuna Pademme
Editor : Edho Sinaga
Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Tiang penyangga Stadion Papua Bangkit rubuh, satu pekerja tewas

Selanjutnya

Warga minta pelebaran jembatan di samping Pasar Doyo Baru Sentani

Komen Saya

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua