<
Show/Hide
  1. Home
  2. Nabire Membangun
  3. Akan digelar, festival budaya Nabire untuk perdamaian
  • Minggu, 15 Juli 2018 — 15:56
  • 911x views

Akan digelar, festival budaya Nabire untuk perdamaian

Panitia Festival dalam rapat di Aula Kantor Kesbangpol Nabire – Jubi/Titus Ruban.
◕‿◕Sebab Kabupaten Nabire termasuk daerah rawan konflik. Untuk itu perlu diberikan kegiatan – kegiatan yang mampu membangun dan menyatukan masyarakat melalui seni budaya. ◕‿◕

Papua No. 1 News Portal | Jubi 

Nabire, Jubi – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Nabire, dalam waktu dekat akan melaksanakan Festival Seni Budaya untuk perdamaian. 

Dalam festival ini, Kesbangpol menggandeng beberapa instansi teknis, seperti Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, dan komunitas pemuda setempat. Antara lain Komunitas Peduli Nabire. 

Kepala Badan Kesbangpol, Nanik S. Prihartini mengatakan tujuan festival adalah untuk penguatan pranata adat melalui festival budaya untuk perdamaian.

Sebab katanya kabupaten Nabire termasuk daerah rawan konflik. Untuk itu perlu diberikan kegiatan – kegiatan yang mampu membangun dan menyatukan masyarakat melalui seni budaya.

“Jadi kita angkat lagi melalui festival, dengan menggandeng generasi muda untuk mengangkat adat yang sudah ada dan menjaganya,” katanya.

Rencananya, festival akan digelar  pada 6- 7 Agustus 2018.  Akan menampilkan tiga jenis lomba, di antaranya Yospan, lomba dayung dan keahlian memainkan alat musik tradisional Pikon.

Sementara itu, Ketua panitia festival , Yufenia Mote, menambahkan melalui festival itu diharapkan agar pranata adat dan budaya dapat melahirkan suatu perdamaian atau mengikat, memupuk kebersamaan diantara semua adat dan budaya yang ada di Indonesia lebih khusus di Nabire.

“Melalui festival ini, kita dapat membangkitkan satu persatuan dan kebersamaan dengan saling menghargai adat dan budaya satu sama lain,” katanya.(*)

 

 


 

Reporter :Titus Ruban
Editor : Syam Terrajana
Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Koperasi di Nabire dalam situasi “maju mundur”

Selanjutnya

Tiga perkumpulan ojek di Nabire diimbau bentuk koperasi resmi

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua